Forever or Never 6th (sekuel Seoul)

Tittle:: Forever or Never 6th (sekuel Seoul)

Author:: ideafina a.k.a Jung Yuuri

Maincast::

  • Cho Kyuhyun Super Junior
  • Seohyun SNSD
  • Choi Siwon Super Junior
  • Victoria f(x)
  • Seo Kyuhyun (Kyu kecil)

Other cast::

  • Yesung Super Junior
  • Cho Ahra
  • Seo Jihyun (OC)
  • All of member Super Junior
  • Jung Yuuri (author numpang narsis nama sama Yeye, kekeke~ )

Genre:: Romance, Angst, Family

Rate:: G

Baca sebelumnya::  Seoul  FON : 1st 2nd 3rd 4th 5th

Disclaimer:: Story ini sama Yesung cuma milik Yuuri! Hehe~

 

 

~SILAKAN TERMEHEK-MEHEK 😛 ~

 

 

“Apa yang paling membuatmu bahagia di dunia ini?”

“Yang paling membuatku bahagia… aku tahu jika oppa masih bernafas dan hidup dengan baik.”

 

“Ada apa?”pikir namja itu saat melihat dari jauh Siwon sedang memeluk Seohyun di depan ruangan tempat Kyuhyun seharusnya berada. Ada rasa penasaran menyelinap di hatinya saat ia melihat airmata yang mengalir di pipi Seohyun ketika Siwon sedikit melepaskan pelukannya. Kemudian Siwon merangkul Seohyun dan membawanya pergi.

Namja itu sebenarnya ragu, tapi ia ingin menyusul mereka. Ia berpikir Siwon tidak seharusnya melakukan itu, memeluk yeoja yang masih berstatus istri dari dongsaengnya. Yah walaupun ia mengerti itu pelukan untuk menghibur, tapi ia merasa itu tetap tidak dibenarkan, karena ia bisa melihat tatapan mata Siwon yang terlihat berbeda saat memeluk Seohyun. ada perasaan yang dalam yang bisa dilihatnya disana. Bukankah menghibur tidak selalu harus memeluk seperti itu?

Kemudian ia melangkahkan kakinya untuk menyusul kedua orang yang dilihatnya tadi. Tapi langkahnya terhenti ketika melihat Kyuhyun dengan wajah sangat kalut keluar dari pintu ruangan tempat Siwon dan Seohyun berada di depannya sebelumnya. Kyuhyun pun pergi ke arah Siwon dan Seohyun pergi sebelumnya. Kening namja itu berkerut bingung. “Sebenarnya apa yang terjadi?”

Rasa penasarannya membawa kakinya melangkah ke ruangan itu. ia membuka pintu itu sedikit dan terkejut melihat seorang yeoja sedang berdiri dengan menatap kosong lantai di depannya.

“Victoria?”panggilnya. Tapi yeoja itu tidak menjawab. Matanya masih menatap ke depan dengan pandangan kosong.

Kekhawatirannya membuat namja itu masuk dan menghampiri Victoria yang masih mematung. Ia memegang kedua lengan yeoja itu. “Neo gwenchanayo?” tanyanya.

Sentuhan tangan namja itu di lengannya membuat Victoria sedikit tersadar lalu mengangkat kepalanya untuk melihat siapa yang kini berada di hadapannya. “Kyu oppa…?”panggilnya.

Namja itu memandang yeoja di hadapannya dengan sedih. “Nan Kyuhyun anhiya…”ucapnya. Tapi seolah tidak mendengarnya, Victoria malah menarik namja itu ke pelukannya, lalu menangis tersedu-sedu. Dengan ragu namja itu membalas pelukan Victoria, mengusap punggungnya pelan, mencoba memberi yeoja itu sedikit ketenangan.

“Kyu oppa… andwaeyo… jangan tinggalkan aku…”ucap Victoria di sela-sela tangisnya. “Neol saranghae…jebal… jangan tinggalkan aku…”

Ia tidak tahu apa yang dilakukan Kyuhyun tadi sampai yeoja di dalam pelukannya ini menjadi seperti ini. Yang ia tahu hati yeoja itu terluka. Hatinya bertanya-tanya seberapa dalam sebenarnya luka yang tadi digoreskan Kyuhyun padanya sampai ia menangis dan berhalusinasi seperti ini? Mengira namja itu adalah Kyuhyun?

Perih. Itu yang dirasakan hati namja itu saat Victoria terus-menerus menangis menyebut nama Kyuhyun di pelukannya. Kyuhyun. Nama yang selalu diucapkan dengan penuh cinta oleh Victoria selama dua tahun ini. Dan nama itu bukan namanya.

“Kapankah kau akan memanggil namaku seperti kau memanggilnya Vic…?”batinnya sedih.

***

 

Kyuhyun menjalankan mobilnya tak tentu arah. Kejadian tadi sungguh membuat dadanya sesak dan kepalanya pusing sampai terasa ingin pecah. Victoria ingin menciumnya dan ia…

“AARRGGGHHHH!!!!”jeritnya lalu menginjak pedal gas mobilnya lebih kencang.

Emosinya meluap-luap sekarang. Kebingungan melandanya. Antara Victoria dan Seohyun. Kenapa setelah kejadian tadi hatinya menjadi sulit untuk menentukan arah lagi?!

Kemudian ia menghentikan mobilnya di pinggir jalan entah dimana. Kyuhyun menyandarkan kepalanya di setir. Napasnya terengah-engah. Seakan-akan kebingungan di hatinya memaksanya berlari untuk bekerja lebih keras, untuk mencari arah yang benar.

Setelah beberapa menit lewat, ia baru bisa mengatur napasnya kembali. Ia angkat kepalanya dan melihat keluar kaca jendela mobil.

“Dimana aku?”pikirnya.

Kemudian setelah mengamati keadaan luar melalui kaca jendela mobilnya, ia mengambil semua peralatan menyamarnya dan memakainya. Kyuhyun memutuskan untuk keluar dari mobil dan berjalan-jalan sebentar.

Kyuhyun melangkahkan kakinya tak tentu arah di sepanjang jalan. Seakan-akan kakinya bergerak tanpa sadar karena tahu ‘tuan’nya sang otak sedang sibuk memikirkan hal lain dibandingkan untuk menyuruh kakinya pergi ke suatu tempat.

Tiba-tiba Kyuhyun merasakan punggungnya tersenggol, membuatnya tersadar dari lamunannya.

“Jweseonghamnida.”ucap orang yang menyenggolnya. Tapi Kyuhyun tidak menghiraukannya. Matanya menatap ke sekelilingnya dengan bingung.

“Kenapa aku bisa sampai disini? Ini kan… Seoul Park…”

 

***

 

Seohyun menatap nanar telponnya yang sejak tadi berdering. Kyuhyun berulang kali menelponnya. Tapi rasa sakit di hati Seohyun cukup membuatnya bersikap keras untuk tidak mengangkat telpon dari namja itu.

“Eomma, are you okay?”

Seohyun mengerjap-ngerjapkan matanya sebentar lalu menatap Kyu yang sudah berada di hadapannya memperlihatkan wajah cemasnya. “Ah, I’m okay, honey.”jawabnya dengan memaksakan seulas senyum untuk putranya yang khawatir.

“Eomma habis menangis ya?”tanya Kyu memperhatikan mata ibunya yang terlihat sembab. Sejak pulang tadi memang anak ini merasa heran melihat wajah ibunya itu. ada apa dengan ibunya?

Seohyun kebingungan menjawab pertanyaan polos putranya. “Ng… tadi mata Eomma kemasukan debu, jadinya pedih terus nangis deh.”

Kyu menyipitkan matanya. “Jinjjayo?” Kemudian anak itu pindah duduk ke sofa yang sama dengan Seohyun, lalu menyentuh lembut wajah ibunya itu.

“Eomma merindukan Appa ya?”tanya Kyu lembut dengan wajah penuh pengertian. Airmata Seohyun perlahan menetes saat mendengar kalimat bernada cemas dan sedih itu.

Bagaimana… bagaimana mungkin dirinya berpikir untuk berpisah dengan Kyuhyun, sementara putranya membutuhkan keluarga yang lengkap? Putranya tidak hanya memerlukan seorang ayah, tapi juga membutuhkan status keluarga yang utuh. Bukan anak yang kedua orangtuanya bercerai. Tapi hati Seohyun serasa teriris melihat Victoria dan Kyuhyun tadi.

Lalu… apa yang harus dilakukan Seohyun? Apa ia harus menerima Siwon saja?

Apa jika Seohyun memutuskan untuk menerima permintaan Siwon, semuanya akan berubah menjadi lebih baik?

Seohyun mengusap airmatanya, lalu mencoba tersenyum.“Gwenchana, Kyu. Wajar kan jika terkadang kita menangis? Kkokjongmal.”

“Hajiman Eomma…”

 

TING TONG

 

Seohyun menghela napas lega saat mendengar suara bel apartemennya. Sepertinya ia mendapatkan jalan untuk menghindar dari pertanyaan cemas Kyu. “Kyu, Eomma buka pintu dulu ya.”kata Seohyun lalu berjalan ke pintu apartemennya.

Seohyun membuka pintu dan tersenyum saat melihat seorang yeoja yang tersenyum lebar padanya.

“Annyeong, Seohyun-ah!”sapa Ahra. “Apa aku mengganggumu?”

“Annyeong, Onnie. Tentu saja tidak, Onnie. Kyu pasti senang kau datang. Silahkan masuk.”

Ahra masuk ke dalam apartemen Seohyun lalu berteriak dengan gembira. “Kyuuu…… ahjumma datang!”

“Ahra jumma!”seru Kyu riang lalu berlari ke arah Ahra dan memeluknya yang sudah berlutut di lantai, menyejajarkan diri dengan Kyu.

“I miss you.”ucap Kyu riang. Seohyun tertawa kecil melihat kemanjaan putranya pada Ahra. Ia senang sekali jika Kyu dekat dengan Ahra, yang walaupun baru dikenalnya tapi Seohyun yakin Ahra orang yang baik dan sangat menyayangi Kyu.

“Miss you too, honey. Padahal kan ahjumma baru kemarin saja tidak kesini, cepat sekali kangennya.”

Kyu mengerucutkan bibirnya sebal. “Abisnya nggak ada yang bisa nemenin Kyu main sih. Appa masih sibuk juga.”

Seohyun membelalakkan matanya lebar saat mendengar perkataan Kyu. Appa?

“Appa siapa maksud Kyu?”tanya Seohyun bingung.

Kyu memandang ibunya lalu tersenyum lebar. “Kyuhyun appa! Kyuhyun appa kan appanya Kyu!”jawab Kyu riang.

Seohyun terkejut mendengar jawaban riang putranya. Apa Kyu sudah tahu? Kapan Kyuhyun memberitahu anak itu?

“Kyu, kenapa…”

“Ahjumma! Kyu mau es krim!”ucap Kyu tiba-tiba, menyela perkataan Seohyun.

Ahra tertawa kecil. “Kalau begitu kita beli dulu ya. Seohyun-ah, aku ajak Kyu beli es krim dulu ya.”kata Ahra pada Seohyun.

“Ah, ne.”jawab Seohyun.

“Kajja, Kyu!”ajak Ahra pada Kyu. Kemudian mereka meninggalkan Seohyun yang masih berkutat dengan pertanyaan-pertanyaan di kepalanya.

***

 

Kyuhyun merasakan sakit yang sangat di kepalanya semenjak tadi ia meninggalkan Seoul Park. Kyuhyun tahu jika dulu ia mempunyai kenangan dengan Seohyun di taman itu. Dan tadi saat ia tidak sengaja melangkahkan kakinya kesana, Kyuhyun menggunakan waktunya disana untuk berusaha mengingat. Ia memang tidak tahu apa yang harus diingat disana, tapi ia ingin mencoba. Kyuhyun berharap jika ia bisa mengingat bagaimana hubungannya dulu dengan Seohyun, semuanya akan berubah menjadi lebih baik. Tapi ternyata semua tidak semudah yang dipikirkannya.

Rasa sakit yang sangat besar muncul saat Kyuhyun berusaha mengingatnya. Berkali-kali ia berusaha mengabaikan rasa sakit itu dan terus berusaha mengingat sesuatu yang ia sendiri tidak tahu apa itu. Tapi ternyata Kyuhyun tidak cukup kuat untuk menahan rasa sakit itu.

Kyuhyun mengemudikan mobilnya ke apartemen Seohyun sambil berusaha menahan rasa sakit di kepalanya. Di tengah-tengah rasa sakit yang mendera kepalanya hanya Seohyun yang dipikirkannya. Ia harus mengatakan semuanya pada Seohyun. Kyuhyun harus mengatakan pada Seohyun jika ia ingin kembali pada istrinya itu. Kyuhyun tidak mau semuanya terlambat.

Sambil mengemudi, ia mencoba menghubungi Seohyun lagi. Sejak tadi ia berusaha menghubungi Seohyun karena yeoja itu tidak datang sesuai janjinya. Apa terjadi sesuatu pada yeoja itu? Atau jangan-jangan Seohyun melihat dirinya dengan Victoria tadi? Lalu pergi dengan menangis? Atau jangan-jangan terjadi sesuatu dengannya di jalan? Pikiran-pikiran itu membuat Kyuhyun cemas dan berusaha berulang kali menelpon Seohyun. Tapi lagi-lagi Seohyun tidak menjawab satupun telpon darinya.

Mobil Kyuhyun sampai di parkir basement kompleks apartemen kakaknya dan Seohyun. Dengan terhuyung-huyung Kyuhyun keluar dari mobil lalu berjalan ke arah lift basement. Ia menekan tombol lantai tempat apartemen Seohyun berada. Sambil menunggu sampai di lantai tujuannya Kyuhyun bersandar di dinding lift dan memejamkan matanya. Berusaha meredakan rasa sakit di kepalanya.

Saat liftnya sampai di lantai apartemen Seohyun, Kyuhyun terburu-buru keluar. Ia ingin secepatnya sampai dan bertemu dengan Seohyun. Karena sekarang Kyuhyun merasakan perasaan yang sangat tidak enak. Entah perasaan apa itu.

Lalu belum sampai Kyuhyun di depan apartemen Seohyun, ia melihat Seohyun berada di depan pintu apartemennya. Rasa lega langsung menjalar di seluruh tubuhnya. Tapi rasa lega itu berubah saat ia menyadari ada orang lain yang tidak diinginkannya di depan pintu apartemen Seohyun. Kemudian kalimat selanjutnya yang ia dengar, tanpa ia sadari, sangat menyakitkan hatinya.

***

 

Siwon memandang pintu apartemen Seohyun dengan ragu. Memang belum lama semenjak tadi ia mengantar Seohyun yang menangis untuk pulang, tapi ia masih mengkhawatirkan Seohyun. Akhirnya Siwon memencet bel apartemen Seohyun, dan tidak lama kemudian pintu apartemen itu membuka.

“Siwon oppa?”

“Ah, mian, Seohyun-ah. Apa aku mengganggumu?”

Seohyun tersenyum. “Anhiyo. Silakan masuk oppa.”

“Tidak usah. Aku kesini hanya untuk melihat keadaanmu.”

“Kau terlalu berlebihan, oppa. Nan gwenchana. Lagipula ini terlalu cepat jika kau mau menanyakan keadaanku. Baru tiga jam yang lalu kau mengantarku pulang.”ucap Seohyun dengan nada senang. Ia senang karena perhatian Siwon padanya.

Siwon langsung salah tingkah mendengar ucapan Seohyun. “Kau benar. Aku terlalu berlebihan sepertinya. Lebih baik aku pulang sekarang.”

“Chankamanyo, oppa!”Seohyun menghentikan langkah Siwon.

“Ne?”

Seohyun menundukkan kepalanya. Ia bingung dan tidak berani memandang Siwon. Tapi ia harus mengatakannya pada Siwon. Seohyun harus mengatakan keputusan yang tiba-tiba muncul di pikirannya saat Siwon baru datang tadi.

“Seohyun-ah? Apa ada yang ingin kau katakan padaku?”tanya Siwon penasaran.

“Aku…” Seohyun menggigit bibirnya, gugup. Semua ini tidak salah kan? Seohyun hanya ingin bahagia. Ia ingin memperjuangkan kebahagiannya.

Kemudian Seohyun menghela napas dan memberanikan diri memandang wajah Siwon. “Aku… bersedia menjadi yeojachingu oppa.”

Mata Siwon membelalak lebar saat mendengar ucapan yang keluar dari mulut Seohyun. Kemudian ia tersenyum dan merengkuh Seohyun dalam pelukannya.

“Gomawo, Seohyun-ah. Aku berjanji akan membantumu.”

Seohyun memejamkan matanya di pelukan Siwon. “Aku harap semuanya bisa berjalan dengan baik, oppa.”ucapnya pelan.

Senyum Siwon langsung menghilang saat mendengar ucapan Seohyun itu. “Ne. kuharap semuanya bisa berjalan dengan baik.”ucap Siwon dengan yakin, walaupun di hatinya ia ragu akan hal itu.

Apakah jika seperti ini, semua akan berubah menjadi lebih baik?

***

 

“Ahjumma.”

“Ne?”

“Apa Eomma dan Appa baik-baik saja?”tanya Kyu cemas.

Ahra yang tadinya sedang memilih beberapa cemilan langsung menghentikan kegiatannya dan berbalik memandang Kyu. Ia bisa melihat raut kecemasan di wajah keponakannya itu.

Ahra berlutut di lantai mini market itu agar sejajar dengan Kyu. “Apa yang Kyu cemaskan?”tanyanya lembut.

“Sepertinya Eomma menangis tadi. Dan Kyu pikir, mungkin itu karena Appa.”jawab Kyu sedih. “Apa mereka bertengkar ya?”

Ahra mengelus lembut kepala Kyu. “Jika itu benar, Appa pasti tidak sengaja melakukannya.”

“Arayo. Kyu tahu Appa orang baik. Tapi kapan ya Appa bisa ingat sama Eomma? Kan kasihan Eomma…”

Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang sama yang dipikirkan Ahra akhir-akhir ini. Kapan ingatan Kyuhyun akan Seohyun kembali? Apa ada yang bisa dilakukannya untuk mengembalikan ingatan Kyuhyun?

“Matda! Ahjumma, sebentar lagi ulang tahun Appa kan? Bagaimana kalau kita rayakan bersama?”

***

 

“Darimana saja Kyu?”

Kyuhyun tidak menggubris pertanyaan yang diajukan padanya. Ia masih sibuk mengurut-urut pelipisnya, berusaha menghilangkan sakit kepalanya, dan berjalan ke kamarnya. Setelah sampai di kamar ia merebahkan tubuhnya di ranjangnya, memejamkan matanya sambil terus mengurut pelipisnya.

“Gwenchanayo?”

Kyuhyun membuka matanya sedikit, melirik orang yang sedari tadi bertanya padanya. “Gwenchana anhiya, hyung. Kepalaku sakit sekali.”

“Kau butuh obat?”

Kyuhyun tersenyum kecil mendengar perhatian hyungnya. “Yesungie hyung, berhenti mengkhawatirkanku. Aku bukan anak-anak. Aku bahkan sudah punya anak.”

Yesung memandang Kyuhyun sebal. “Ne. aku tahu kau sudah punya anak. Kau jadi norak sekali mengenai itu sekarang.”

Kyuhyun tertawa kecil. “Kalau hyung iri segera nikahi Yuuri dan minta ia lahirkan anak yang banyak untuk hyung!”

“Yak! Kau pikir semudah itu?!”

“Yang pasti itu mudah untukku. Aku berusaha maksimal untuk bisa cepat punya anak. Buktinya baru menikah sebentar Seohyun sudah ham…”

Kyuhyun tidak jadi meneruskan kalimatnya. Ia bangkit dari tidurnya dan wajahnya tercengang. Entah apa yang membuatnya berkata seperti tadi, tapi kenapa ia berkata seolah-olah ia mengetahui hal itu?

Yesung juga tercengang dengan kata-kata Kyuhyun. Walaupun terdengar agak pervert tapi kenapa Kyuhyun berkata  seolah-olah ia mengingat hal itu?

“Kyu, kau ingat?”tanya Yesung gembira. Ia duduk di ranjang Kyuhyun lalu memeluk dongsaengnya itu erat.

“A… aku tidak yakin…”jawab Kyuhyun bingung. “Tadi tiba-tiba saja aku mengatakan hal itu…”

Yesung melepaskan pelukannya lalu menatap Kyuhyun dengan senyuman lebar. “Tidak apa. Ingatanmu kan tidak mungkin langsung kembali seluruhnya. Aku yakin pelan-pelan kau akan ingat semuanya. Dan jika kau ingat semuanya, masalah ini bisa berakhir dengan baik.”

Kyuhyun langsung berubah murung mendengar kalimat optimis hyungnya. Mungkin saja ingatannya akan kembali secara perlahan, tapi apa setelah ia mengingat semuanya…

 

Pikiran Kyuhyun melayang ke pemandangan yang dilihatnya di depan pintu apartemen Seohyun tadi.

 

… apa setelah Kyuhyun mengingat semuanya, Seohyun akan kembali padanya?

“Kau kenapa?”tanya Yesung bingung.

“Hyung. Jebal jangan beritahu siapapun mengenai hal ini.”

“Waeyo?”

“Ng… Lebih baik mereka tahu jika aku sudah mengingat semuanya. aku tidak mau membuat siapapun berharap pada sesuatu yang belum pasti.”

Yesung tahu Kyuhyun berbohong. Ia yakin sekali bukan itu maksud Kyuhyun memintanya untuk tidak mengatakan pada siapapun. Tapi Yesung tidak ingin memaksa Kyuhyun untuk mengatakannya jika ia tidak mau.

“Algesseo.”jawab Yesung akhirnya. “Sebaiknya kau istirahat. Besok KRY manggung.” Kemudian ia bangkit dari ranjang Kyuhyun dan berjalan ke pintu kamar.

Tapi tiba-tiba Yesung berbalik dan menatap Kyuhyun ragu. “Kyu, kau tahu apa hubungan Victoria dengan…”

“Ne?”

Yesung tersenyum kecil. “Anhiyo. Tidak penting. Tidurlah. Jaljja.”katanya lalu keluar kamar.

Yesung merebahkan tubuhnya di ranjang di kamarnya. Ingatannya melayang saat tadi sore ia melihat Victoria dipeluk oleh namja selain Kyuhyun. Bukan dongsaengnya yang bernama Kyuhyun, tapi dongsaengnya yang lain.

Mungkin memeluk itu tindakan menghibur yang biasa saja, tapi semuanya akan menjadi berbeda jika melibatkan perasaan di dalamnya. Dan Yesung melihat perasaan itu di mata dongsaengnya saat dongsaengnya itu memeluk Victoria.

“Jadi sekarang menjadi bertambah rumit ya? ini bukan hanya masalah Kyuhyun, tapi ditambah Siwon dan…”Yesung mengacak-acak rambutnya kesal. Kesal karena kenapa harus ia yang mengetahui semuanya. Ia tidak bisa mengatakannya pada Leeteuk karena Leeteuk sudah cukup stress dengan mengurus konser mereka yang sebentar lagi. Dan membernya yang lain? Masalah ini kan bukan masalah mudah yang bisa semua orang tahu dan membantu menyelesaikannya. Jika Yesung beritahu member yang lain, bukannya malah menyelesaikan masalah, tapi bisa jadi malah timbul keributan. Ini berarti Yesung kan yang harus membantu menyelesaikan semua masalah rumit ini?

Di tengah-tengah pikirannya yang kalut akhirnya Yesung menekan satu nomor di ponselnya.

“Yeoboseyo, Yuu? ….aku benar-benar bingung sekarang, chagiya… Eottohke?”tanyanya putus asa.

@@@

 

“Yeoboseyo? Seohyun-ssi?”

 

Seohyun terkejut mendengar suara Kyuhyun ditelpon. Sebelumnya karena terlalu sibuk mengerjakan desain, ia tidak melihat caller id orang yang menelponnya.

“Ne, oppa?”jawab Seohyun ragu. Ia sebenarnya masih belum siap untuk berbicara dengan Kyuhyun semenjak kemarin ia melihat Kyuhyun dan Victoria. Tapi ia tidak bisa menghindar dari Kyuhyun lagi. Lucu memang. Padahal kemarin Seohyun mati-matian berusaha tidak menghiraukan telpon dari Kyuhyun. Ternyata hanya segitu saja pertahanannya. Mungkin karena bagi Seohyun, Kyuhyun masih segala-galanya untuk dirinya.

Lalu bagaimana dengan Siwon?

 

“Kemarin… apa kau datang?”

 

Sudah Seohyun duga jika Kyuhyun akan menanyakan hal itu. Lalu apa yang harus Seohyun jawab? Apa ia harus jujur?

“Ah, mianhe. Kemarin aku sibuk sekali, jadi aku lupa datang. Oppa kemarin menungguku?” Seohyun memutuskan untuk berbohong. Lebih baik… lebih baik jika Seohyun bersikap seolah-olah ia tidak tahu kan? Malah Seohyun berharap ia tidak tahu sama sekali. Karena memikirkannya saja sudah membuatnya begitu sakit hati.

Terdengar helaan napas lega dari Kyuhyun.

“Kenapa oppa terdengar begitu lega?”tanya Seohyun, sedikit menyindir. Tapi tentu saja Kyuhyun tidak mengerti maksud nada sindiran itu.

 

“Mungkin terdengar aneh, tapi aku takut kau kenapa-kenapa di jalan.”

 

DEG.

 

Kata-kata itu… terdengar sangat jujur dan tulus. Hanya dengan kata-kata sederhana itu, rasa hangat tiba-tiba menjalari seluruh tubuh Seohyun. Jantungnya berdegup kencang, dan…

 

“Aku senang kau baik-baik saja…”

 

Kenapa Kyuhyun mengatakan sesuatu yang dapat membuat Seohyun terus berharap?

 

“Lalu… apa yang sebenarnya ingin kau katakan kemarin?”tanya Kyuhyun.

 

Rasa hangat itu langsung memudar mendengar pertanyaan Kyuhyun itu. Seohyun teringat surat cerai yang sebelumnya ingin ia berikan pada Kyuhyun.

“Tentang surat cerai kita.”jawab Seohyun pelan.

 

“Surat… cerai?”

 

“Ne. Mm… mianhe, oppa. Mungkin suratnya akan agak lama diurusnya.”ucap Seohyun berbohong. Kebohongan yang tiba-tiba terbersit di benaknya karena ucapan perhatian Kyuhyun sebelumnya.

 

“Oh? Tak apa. Lalu?”

 

“Lalu apa?”

 

“Kau cuma ingin mengatakan hal itu?”

“Ng… ne.”

 

“Geurae. Kalau begitu… ng… sampai jumpa, Seohyun-ssi. Sampaikan salamku pada Kyu. Secepatnya aku akan mengunjunginya lagi.”

 

“Ne.”

Seohyun memejamkan matanya. Berusaha menormalkan detak jantungnya yang tadi berdetak tak terkendali saat berbicara dengan Kyuhyun. Pikirannya merutuki kebodohannya untuk berbohong tadi. Seohyun merasa bersalah karena sudah berbohong, tapi…

Salahkah, salahkah jika Seohyun masih berharap pada Kyuhyun? Salahkah jika kata-kata Kyuhyun tadi membuatnya berharap pada sesuatu yang belum pasti?

Tidak. Itu semua tidak salah. Hanya saja semuanya sudah salah semenjak Seohyun menerima permintaan Siwon.

Mendadak rasa takut muncul di diri Seohyun. Ia takut menyakiti Kyuhyun.

Dan tanpa Seohyun pikirkan, keputusannya juga sebenarnya akan membuat Siwon tersakiti.

@@@

 

Siwon mengecek jam tangannya dengan tidak sabar. Menanti-nantikan seseorang. Ah anhi, dua orang. Ia sudah berada di restoran tertutup ini dari setengah jam yang lalu. Bukan salah dua orang yang belum datang itu jika Siwon terlalu lama menunggu. Itu karena Siwon sendiri yang tidak sabaran sehingga datang terlalu awal.

“Oppa! Mianhe. Apa aku terlambat?”tanya Seohyun saat baru sampai.

Siwon tersenyum lebar saat melihat Seohyun. “Anhi. Aku saja yang terlalu cepat datang. Aku tidak sabar akan hari ini.”

Seohyun mengerutkan keningnya, bingung. “Tidak sabar kenapa?”

“Sebaiknya kau duduk dulu.”kata Siwon lalu menarik kursi di sebelahnya untuk diduduki Seohyun. Seohyun semakin bingung, kenapa tidak kursi yang di hadapan Siwon saja?

Tapi Seohyun tidak mengatakan kebingungannya. Ia duduk saja di sebelah Siwon.

“Mian hyung aku terlam…”

Seohyun terkejut mendapati Kyuhyun yang sekarang berada di hadapan mereka. Begitu juga Kyuhyun yang terlihat kebingungan dengan kehadiran Seohyun.

Ada apa ini? Apa maksud Siwon?

“Ng… kenapa Kyu oppa disini?”tanya Seohyun bingung. Ia kira Siwon hanya mengundangnya saja untuk makan siang bersama.

Siwon tersenyum lembut pada Seohyun. “Aku akan mengatakannya pada Kyu, Seohyun-ah.”

 

DEG.

 

Bukan hanya jantung Seohyun yang berdetak dengan kencang, tapi juga jantung Kyuhyun.

Seohyun cemas dengan apa yang dikatakan Siwon. Ia tahu apa maksud Siwon, tapi ia masih belum siap. Itulah yang membuat jantungnya berdetak tak terkendali. Seohyun takut dan cemas.

Sementara Kyuhyun, walaupun ia tidak tahu apa yang akan dikatakan Siwon, tapi firasatnya mengatakan itu adalah hal yang buruk. Mendadak jantungnya jadi berdetak tak terkendali.

“Anjuseyo.”kata Siwon pada Kyuhyun. Dengan ragu Kyuhyun duduk di hadapan Siwon.

“Ng… ada apa ini?”tanya Kyuhyun bingung, sesekali melirik Seohyun yang berada di sebelah Siwon. Seohyun tidak berani memandang Kyuhyun. ia menundukkan wajahnya. Kedua tangannya yang berada di pangkuannya, berkeringat. Ia menggosoknya terus-menerus, berusaha menghilangkan rasa groginya. Kemudian Siwon meletakkan tangannya di atas kedua tangan Seohyun, mengusapnya, berusaha menenangkan yeoja itu.

“Kyu, bagaimana hubunganmu dengan Victoria?”tanya Siwon.

Kyuhyun mengangkat sebelah alisnya, memandang Siwon dengan kesal. “Untuk apa hyung menanyakan hal itu?”

Siwon tersenyum tipis. “Kuharap baik-baik saja.”

Kyuhyun memang masih tidak mengerti apa maksud Siwon, tapi ia benar-benar tidak suka dengan pertanyaan awal Siwon. Kenapa Siwon menanyakan Victoria di depan Seohyun sih?

“Kami memang baik-baik saja.”ucap Kyuhyun berbohong, tapi tentu saja Siwon dan Seohyun tidak tahu itu kebohongan.

Kalimat itu serasa menusuk jantung Seohyun. Padahal sebelumnya Seohyun tidak ingin Siwon mengatakannya sekarang, tapi kalimat ‘baik-baik saja’ dari mulut Kyuhyun mengenai hubungan namja itu dengan Victoria, membuat Seohyun merasa tidak tahan.

“Baguslah jika kalian baik-baik saja.”ucap Seohyun dingin.

Siwon dan Kyuhyun terkejut mendengar nada suara Seohyun itu.

“Kami juga ada sesuatu yang ingin kami katakan.”lanjut Seohyun. “Ini tentang… hubungan kami.”

Kyuhyun merasakan jantungnya berdetak tak terkendali. Apa maksud Seohyun? jangan-jangan…

“Sekarang aku dan Siwon oppa adalah… sepasang kekasih.”

Jantung Kyuhyun serasa mencelos saat mendengar kata terakhir itu. Kekasih? Seohyun hanya bercanda kan?

Sementara Siwon memandang Seohyun takjub. Kenapa tiba-tiba Seohyun jadi berani mengatakannya?

Tapi pandangan mata Seohyun membuat Kyuhyun yakin jika Seohyun tidak sedang bercanda. Kenapa jadi seperti ini? Sebenarnya Kyuhyun tahu jika mereka berdua sudah menjadi sepasang kekasih, karena ia melihat dan mendengarnya sendiri saat mereka berdua jadian. Tapi Kyuhyun tidak siap untuk mendengarnya langsung dari mulut Seohyun. Itu membuat jarak antara hubungannya dengan Seohyun menjadi lebih nyata.

“Selamat.”ucap Kyuhyun dingin. Kemudian Kyuhyun melihat kilat keterlukaan di mata Seohyun. Tapi dengan segera itu berubah lagi menjadi pandangan yang dingin.

“Oppa tidak perlu cemas. Surat cerainya akan kuurus sesegera mungkin, agar kita secepatnya bebas menjalani kehidupan kita masing-masing.”

Kyuhyun merasakan hatinya serasa tertusuk-tusuk saat mendengar kalimat menyakitkan dari mulut Seohyun itu. Kenapa begini? Kenapa setelah ia menyakiti Victoria, Seohyun malah menjadi semakin jauh? Apa ini hukuman untuknya karena telah menyakiti hati gadis sebaik Victoria? Dan juga menyakiti Seohyun?

Kemudian Kyuhyun bangkit dari duduknya. Ia menatap Seohyun dalam. “Jika tidak ada lagi yang kalian ingin katakan, aku akan pergi sekarang. Victoria menungguku.”kata Kyuhyun lagi-lagi berbohong.

Siwon memaksakan seulas senyum tipis pada Kyuhyun. “Kurasa cukup. Gomapta kau sudah mau datang.”

Kyuhyun hanya mengangguk pelan dengan mata masih melihat Seohyun. Seohyun membalas pandangan mata Kyuhyun dengan tegar. Ia tidak ingin terlihat lemah. Ia ingin sekali saja Kyuhyun menyadari jika hati Seohyun tidak mungkin selamanya terpaku pada Kyuhyun.

Kemudian Kyuhyun berjalan pergi dari restoran itu.

Setelah kepergian Kyuhyun, Seohyun tidak kuasa lagi menahan airmatanya. Ia menangis sesengukan.

“Seohyun-ah…”ucap Siwon dengan mengusap-usap punggung Seohyun lembut.

“A… apa ini benar… oppa…?”tanya Seohyun di sela-sela isak tangisnya.

Siwon menarik Seohyun lembut ke dalam pelukannya. “Aku berjanji jika semuanya akan baik-baik saja. Semuanya akan kupastikan menjadi benar.”

Benar dalam arti apa? Dari sudut pandang mana?

Yang pasti, yang Siwon tahu, ia hanya ingin melihat Seohyun bahagia. Tidak peduli jika hatinya harus terluka parah nantinya.

***

 

“Onnie, gwenchanaseyo?”tanya Sulli cemas pada Victoria. Victoria hanya diam memandang ponselnya, membuat keempat membernya menatapnya khawatir.

Victoria berubah menjadi murung semenjak hari itu. Hari dimana Kyuhyun menorehkan luka yang cukup dalam padanya. Tapi rasa cintanya yang besar pada Kyuhyun membuatnya berusaha tegar. Apapun yang terjadi pada Kyuhyun yang membuat sikap namja itu berubah padanya, Victoria yakin jika ia bisa mengembalikannya. Bukankah hubungan mereka baru saja dimulai? Masa’ ia menyerah semudah ini sih?

Victoria memejamkan matanya, berusaha menguatkan hatinya. Kemudian ia melangkahkan kakinya ke dapur, menyiapkan semua yang diperlukannya untuk memasak.

“Onnie mau apa?”tanya Krystal bingung. Baru saja tadi Victoria terlihat murung dan tidak mood melakukan apapun, tapi kenapa sekarang ia kembali sibuk di dapur seperti biasanya?

Victoria berbalik dan menatap keempat wajah bingung membernya. “Refreshing.”jawaban yang tambah membuat bingung keempat membernya. Setiap hari kan Victoria memasak, memangnya setiap hari ia butuh refreshing?

Kemudian Victoria sibuk berkutat dengan bahan masakan sampai tiba-tiba sebuah telpon yang ditunggu-tunggunya tiba.

“Qiannie, kau sedang apa?”

Rasa lega dan hangat langsung menjalari tubuh Victoria saat mendengar suara Kyuhyun. Sejenak ia melupakan rasa sedihnya sebelumnya.

“Sedang memasak. Oppa eodigayo?”

“Di depan pintu apartemenmu.”

“Hah?!” Buru-buru Victoria berjalan ke arah pintu apartemen, membuat keempat membernya yang duduk di sofa ruang tengah sambil menonton tivi, terheran-heran.

Victoria membuka pintu apartemennya, lalu tersenyum lebar melihat sosok namja yang ia cintai itu.

“Cepat sekali.”ucap Kyuhyun sambil terkekeh kecil.

“Kenapa oppa tidak memencet bel saja?”tanya Victoria tanpa bisa menghilangkan senyum lebarnya. Ia terlalu bahagia melihat Kyuhyun sekarang.

“Aku hanya ingin kau yang membukanya.”

Hebat sekali efek kata-kata Kyuhyun itu. Sekarang Victoria sudah lupa akan kesedihannya sebelumnya!

“Kau tidak mengajakku masuk?”tanya Kyuhyun.

“Ah, ne. Masuk oppa.”

Kemudian mereka masuk ke dalam dorm f(x). Setelah menyapa member-member Victoria, Kyuhyun pun mengikuti yeojachingunya itu ke dapur.

“Apa yang kau masak?”tanya Kyuhyun, memandang dapur dengan penasaran.

“Bulgogi, samgyetang, jajangmyeon…”

Mata Kyuhyun berbinar-binar. “Wuahhhhh~ aku beruntung sekali datang kesini sekarang! Kapan matang?”ucapnya bersemangat.

“Sebentar lagi.”Victoria semakin senang melihat wajah gembira Kyuhyun.

“Daebak! Aromanya saja sudah terasa lezat! Ah seandainya di dorm bisa ada makanan enak setiap hari…”

“Bukannya Wookie oppa dan Ming oppa suka memasak?”

“Mereka suka memasak, tapi kan tidak selalu.”

“Makanya oppa cepat nikahi aku biar kumasakkan masakan enak setiap hari.”

Hening.

Perkataan Victoria yang tidak terduga itu membuat mereka berdua berubah menjadi canggung. Tidak, tidak keduanya yang canggung. Hanya Victoria saja yang merasa canggung, sementara Kyuhyun…

 

Kyuhyun lagi-lagi merasakan sakit di kepalanya.

 

“…jangan-jangan oppa menikahiku biar bisa merasakan masakan enakku tiap hari ya?”

 

“Oppa, gwenchana?”

Kyuhyun tersentak mendengar suara cemas Victoria. Matanya mengerjap-ngerjap melihat Victoria. Dadanya naik turun berusaha merilekskan napasnya yang tadi tiba-tiba berubah sesak.

“Gwe… gwenchana.”jawab Kyuhyun gugup. Masih merasa aneh dengan sekelebat ingatan itu.

 

Tadi itu… apa?

@@@

 

Seohyun menatap ragu staf yang lalu lalang di sepanjang koridor gedung KBS TV.  Berkali-kali ia ingin menanyakan dimana ruang tunggu Super Junior, tapi ia selalu urung melakukannya. Sebenarnya ia tidak ingin datang kesini. Tapi ia sudah berjanji pada Siwon untuk datang melihat penampilan mereka di Music Bank.

Alasan Seohyun tidak ingin datang tentu saja karena adanya Kyuhyun. Hanya saja Seohyun tidak ingin mengecewakan Siwon yang begitu baik padanya.

“Kenapa lama sekali?”

Seohyun tersentak kaget mendengar suara itu. Ia berbalik dan melihat Siwon tersenyum lebar padanya. Matanya memandang Seohyun dengan lembut dan hangat, membuat Seohyun salah tingkah.

“Mianhe, oppa. Aku bingung mau bertanya pada siapa dimana ruangan oppa. Semua terlihat sibuk.”jawab Seohyun dengan menundukkan wajah. Masih merasa salah tingkah jika melihat pandangan mata Siwon.

“Kenapa tidak menelponku?”

Seohyun mengangkat wajahnya lalu memandang Siwon bingung. “Aah… iya juga ya.”ucapnya akhirnya, membuat Siwon tertawa geli.

“Seohyun-ah, wajah bingungmu lucu sekali!”kata Siwon.

Seohyun cemberut. “Aku tidak datang kesini untuk dibilang lucu!”

“Hehe… Mianhe. Kajja!”kata Siwon lalu menarik tangan Seohyun, menggenggamnya erat, membuat jantung Seohyun berdegup kencang dan wajahnya merona merah. Walaupun merasa salah, tapi Seohyun tidak menampik dalam hati jika tangan Siwon terasa menyamankannya. Itulah yang membuatnya untuk memutuskan membiarkan saja Siwon menggenggam tangannya.

Siwon membawa Seohyun ke ruangan Super Junior. Tanpa rasa canggung namja itu membuka pintu dan membawa Seohyun masuk sambil tetap menggenggam tangan yeoja itu. Semua yang berada di ruangan itu, para member Super Junior, menoleh saat pintu terbuka, dan menatap mereka berdua dengan raut bingung serta penasaran. Membuat Seohyun salah tingkah.

Sementara Kyuhyun, saat melihat genggaman tangan Seohyun dan Siwon, langsung memalingkan muka. Kembali berkutat dengan PSPnya. Sementara Yesung, mengernyit bingung melihat reaksi Kyuhyun yang terlihat datar dan biasa-biasa saja.

“Seohyun-ssi? Wah kau datang!”ucap Ryeowook senang yang membuat Seohyun sedikit melupakan sikap salah tingkahnya.

Seohyun melepaskan genggaman tangan Siwon lalu menghampiri Ryeowook. “Annyeonghasseyo, Ryeowook-ssi.”ucapnya lalu membungkuk sedikit. Kemudian ia melakukan hal yang sama pada member Super Junior yang lain. “Annyeonghasseyo.”

Para member Super Junior, kecuali Kyuhyun, membalas sapaannya.

“Kapan kalian tampil?”tanya Seohyun setelah berbasa-basi sedikit menanyakan kabar mereka.

“Sekitar lima belas menit lagi giliran kami.”jawab Leeteuk. “Kau mau menonton perform kami?”

Seohyun tersenyum. “Ne. Aku belum pernah melihat perform kalian secara langsung. Jadi Siwon oppa mengajakku kesini.”

Ekspresi mereka langsung berubah saat mendengar jawaban Seohyun. Seohyun bingung, apa ada yang salah dari kata-katanya?

“Tadi kau… memanggil Siwon… ‘Oppa’?”tanya Donghae ragu.

Seohyun langsung mengerti apa yang membuat wajah namja-namja itu berubah. “Ng… itu…” Ia bingung untuk menjelaskannya.

Kemudian Siwon menghampiri Seohyun lalu tersenyum kepada teman-temannya. “Sebenarnya aku dan Seohyun…”

“AH SIAL!”

Semua terkejut mendengar suara yang cukup keras itu. Mereka menoleh ke Kyuhyun yang sekarang sedang menatap PSPnya dengan geram. “Kenapa Game Over lagi sih?!”omel Kyuhyun lalu memasukkan PSPnya ke dalam tasnya.

“Teukie hyung!”kata Kyuhyun dengan raut wajah kesal. “Ayo ke backstage! Bukankah sebentar lagi giliran kita?”

Leeteuk memandang Kyuhyun bingung. “Eh? Tapi kita kan belum dipanggil.”

“Lebih cepat kesana akan lebih baik. Aku pergi duluan!”kata Kyuhyun lalu beranjak dari duduknya dan berjalan menuju pintu.

Saat berjalan menuju pintu, Kyuhyun melewati Seohyun. Tubuh mereka sangat dekat. Bahkan bahu mereka hampir bersentuhan.

Saat itu bagi Seohyun waktu serasa berhenti. Walaupun hanya sekilas, tapi ia dapat mencium aroma khas tubuh Kyuhyun. Bukan aroma cologne atau parfum. Dan itu membuat Seohyun menyesali sesuatu. Semuanya masih sama. Semua yang dirasakannya saat mencium aroma tubuh Kyuhyun masih sama. Jantungnya berdegup kencang. Dan ada desakan di dalam dirinya untuk memeluk tubuh namja itu.

Seohyun merutuki dirinya dalam hati. Ia menyesali dirinya yang sulit menghilangkan Kyuhyun dari benaknya, walaupun sedikit.

Seohyun merasakan hatinya teriris saat Kyuhyun terus melewatinya, bahkan tanpa menoleh sedikit pun padanya.

Kemudian segalanya seperti kembali ke kenyataan saat Seohyun mendengar pintu tertutup keras di belakangnya.

“Seohyun-ah… gwenchana?”tanya Siwon cemas saat melihat raut wajah Seohyun yang shock.

Seohyun menengadahkan wajahnya memandang Siwon, lalu berusaha tersenyum. “Gwenchana, oppa. Kurasa sebaiknya aku ke bangku penonton sekarang. Sebentar lagi kan perform kalian.”kata Seohyun lalu keluar dari ruangan itu sebelum Siwon atau yang lain sempat mengatakan apapun padanya.

***

 

Pertama kalinya.

Ini pertama kalinya Seohyun melihat perform Super Junior, dan ia terkesima. Bukan terkesima pada perform seluruh member boyband itu, tapi ia terkesima karena Kyuhyun. Seohyun sudah tahu sejak lama jika Kyuhyun bukanlah orang yang biasa-biasa saja. Seohyun tahu jika sejak lama Kyuhyun mempunyai semacam magnet yang dapat menarik siapapun untuk memperhatikan dirinya. Bukan ketampanan, karena semua orang juga bisa melihat jika Siwon memang lebih tampan dari Kyuhyun. Tapi Kyuhyun memiliki sesuatu yang berbeda.

Kyuhyun terliat begitu menyilaukan di atas panggung. Airmata Seohyun mengalir saat mendengar suara indah Kyuhyun, yang dulu selalu disenandungkan Kyuhyun untuknya, yang dulu hanya ia yang bisa mendengarnya. Dan akhirnya setelah bertahun-tahun menganggap Kyuhyun sudah meninggal dunia, ia bersyukur bisa mendengar suara indah itu lagi.

Suara penonton yang gaduh saat Kyuhyun bernyanyi membuat Seohyun merasa bangga sekaligus sedih. Siapa yang tidak bangga jika suami sendiri tampil begitu memukau  di atas panggung? Dan siapa yang tidak sedih jika tidak ada yang mengetahui hal itu?

Kemudian perform Super Junior selesai. Seohyun mengusap airmatanya. Ketika akan beranjak dari bangkunya ia mendengar jeritan penonton yang mengelu-elukan nama Kyuhyun. Seohyun melihat ke panggung yang sekarang lampunya dimatikan. Bukankah mereka sudah selesai perform?

Lalu lampu panggung menyala, memperlihatkan sepasang namja-yeoja yang bersiap-siap menari. Dan selanjutnya sexy dance yang ditampilkan oleh Kyuhyun dan Victoria membuat nafas Seohyun sesak. Tapi matanya dengan kurang ajarnya tidak bisa ia alihkan dari pemandangan itu.

Pada akhirnya pertahanan Seohyun runtuh saat melihat adegan terakhir dari dance itu Kyuhyun membalikkan tubuh Victoria ke belakang dan bersikap seolah-olah mencium gadis itu. (bayangin sexy dance Khuntoria di WGM ya ^^ )

Seohyun bangkit dari duduknya dan tanpa bersusah-susah menahan airmatanya ia pergi meninggalkan bangkunya.

***

 

Kyuhyun masuk ke ruang tunggu Super Junior dengan berbagai pikiran rumit berputar-putar di kepalanya. Tadi ia sempat melihat Seohyun meninggalkan bangku penonton saat performnya dan Victoria selesai. Kyuhyun kira Seohyun sudah pulang setelah perform Super Junior. Ia jadi merasa bersalah saat melihat wajah sedih Seohyun karena performnya dan Victoria.

“Good job, dongsaeng!”puji Leeteuk sambil menepuk bahu Kyuhyun. Kyuhyun tersenyum simpul lalu duduk. Reaksi yang tidak seperti reaksi Kyuhyun. Biasanya jika dipuji sedikit saja bisa membuat Kyuhyun besar kepala. Tapi kenapa sekarang reaksinya seperti itu? Membuat mereka semua bingung.

“Aku lapar.”ucap Kyuhyun tiba-tiba saat melihat satu mangkok jajangmyeon yang dipegang Eunhyuk. Ia menghampiri Eunhyuk dengan cepat, bersiap mengambil mangkok jajangmyeon itu, tapi Eunhyuk lebih cepat menghalaunya.

“Yak! Ini bagianku!”omel Eunhyuk.

“Ini bagianmu, Kyu.”kata Ryeowook, menyodorkan semangkok jajangmyeon pada Kyuhyun.

Kemudian Kyuhyun menyendok mie itu banyak-banyak lalu menyuapkannya sampai mulutnya penuh. Kyuhyun tertegun setelah beberapa saat mengunyah. Rasa jajangmyeon yang begitu enak ini… kenapa sangat familiar di lidahnya?

“Jajangmyeon buatan Seohyun enak sekali ya? Terenak yang pernah kumakan!”puji Heechul.

“Bagus sekali kau mengajaknya kemari Siwon-ah! Neomu mashita!”ucap Shindong setelah menghabiskan suapan terakhir jajangmyeon-nya.

Sambil terus mengunyah jajangmyeon-nya, di dalam hatinya Kyuhyun terus membenarkan pujian membernya akan rasa jajangmyeon buatan Seohyun. Rasanya begitu enak, dan ada rasa rindu di hati Kyuhyun saat merasakannya. Seolah-olah lidahnya sangat mengenal rasa itu.

 

Apa ini karena aku pernah merasakannya sebelumnya? Ya, pasti karena itu. Seohyun pasti pernah membuatkannya untukku. Tapi kenapa hanya lidahku yang mengingatnya? Kenapa pikiranku masih belum bisa mengingatnya? Aku ingin mengingatnya!

 

Dan tiba-tiba saja Kyuhyun menjatuhkan mangkok jajangmyeon-nya saat lagi-lagi ia merasakan sakit yang teramat sangat di kepalanya.

@@@

 

“Ulang tahun?”

“Ne. Ulang tahun Appa. Eomma tidak ingat ya?”tanya Kyu.

Tidak ingat? Tidak mungkin Seohyun tidak ingat. Selama ini ia tidak pernah melupakan ulang tahun Kyuhyun, bahkan ia selalu merayakannya setiap tahun. Walaupun hanya merayakannya berdua Kyu dengan memasak makanan spesial dan berdoa bersama untuk Kyuhyun di alam sana. Tapi sekarang kan ia sudah tahu Kyuhyun masih hidup, jadi bagaimana mungkin ia melakukan ritual yang sama seperti tahun sebelumnya?

“Kyu, sepertinya kita tidak perlu merayakannya sekarang.”ucap Seohyun hati-hati. ia bingung bagaimana cara menjelaskannya pada Kyu.

“Waeyo Eomma? Padahal Kyu udah nelpon Appa supaya ngerayain ulang tahunnya disini aja bareng kita.”

“Eh?” Seohyun bingung. Maksudnya…

“Trus Appa bilang kalau nanti Appa gak ngerayain bareng SuJu ahjusshi. Appa mau ngerayain bareng kita aja!”ucap Kyu riang.

Seohyun terkejut mendengar perkataan Kyu. Jadi yang Kyu maksud adalah Kyuhyun Super Junior, bukan Kyuhyun appanya yang ia tahu sudah meninggal?

“Maksud Kyu… Kyuhyun Appa?”tanya Seohyun ragu.

“Ne. Kyuhyun Appa kan appanya Kyu!”

Lagi-lagi kalimat itu. Tapi Seohyun belum berani menanyakannya pada Kyu. Bagaimana jika ternyata Kyu sudah tahu jika Kyuhyun itu adalah ayahnya? Apa yang harus dikatakan dan dijelaskannya?

“Kenapa kau terlihat bingung sekali Seohyun-ah?”tanya Ahra yang baru tiba bersama Jihyun. “Wajar kan jika Kyu ingin merayakan ulang tahun ayahnya?”

“Ahra onnie, perlu kau tahu kalau ayahnya Kyu…”

“Ne. Itu hal wajar!”jawab Seohyun tiba-tiba, menyela perkataan Jihyun. Ia tahu jika Jihyun akan mengatakan jika ayah Kyu sudah meninggal. Dan Seohyun tidak mau Jihyun mengatakan itu di depan Kyu, karena takutnya Kyu ternyata malah sudah tahu jika Kyuhyun ayahnya.

Jihyun melotot memandang kakaknya, tersinggung karena perkataannya disela.

“Jadi Eomma setuju? Wah asik!”ucap Kyu gembira. Seohyun hanya bisa mengangguk pasrah melihat Kyu yang berwajah gembira. Usaha Seohyun untuk menghindar bertemu Kyuhyun semenjak perform Kyuhyun kemarin akan segera menjadi gagal total!

Dengan kesal Jihyun berjalan ke kamarnya. Ia memang menjadi lebih mudah kesal jika mendengar Kyu atau siapapun menyebut-nyebut Kyuhyun. Jihyun merasa sakit hati sekali karena selain Kyuhyun lupa pada kakaknya, Kyuhyun juga punya hubungan istimewa dengan Victoria.

Oh jangan bertanya bagaimana Jihyun tahu. Memang Jihyun tidak pernah mendengar secara langsung dari siapapun juga mengenai hubungan Kyuhyun dan Victoria. Tapi dengan mendengar kedekatan mereka berdua di kantor managemen SM, Jihyun sudah bisa menyimpulkannya. Apalagi saat ia tidak sengaja melihat sendiri bagaimana mesranya Kyuhyun dan Victoria saat Jihyun ke kantor SM itu.

Bagi Jihyun, Siwon jauh lebih baik. Kakaknya bodoh jika buta akan hal itu!

***

 

Ahra memandang sayang Kyu yang tertidur pulas setelah main game. Ia mengelus lembut pipi keponakannya itu, lalu bersusah payah mengangkat tubuh Kyu yang lumayan berat dan merebahkannya di tempat tidur. Ahra mencium kening Kyu sebelum ia meninggalkan kamar Kyu.

Ahra melihat jam tangannya. Sudah jam sepuluh malam. Ia mencari-cari Seohyun dan Jihyun untuk berpamitan pulang. Kemudian ia tersenyum menemukan Seohyun yang tertidur di sofa ruang tengah dengan tivi yang masih menyala.

Dengan perlahan ia mendekati Seohyun, mengambil remote di meja dan mematikan tivi. Ia menggeleng-gelengkan kepalanya melihat beberapa kertas dan dokumen berserakan di meja di depan sofa. Ahra merapikan kertas-kertas dan dokumen itu satu persatu. Kemudian sebuah map jatuh dari tas Seohyun yang terbuka di atas meja. Ahra memungutnya, lalu terbelalak saat melihat kop surat yang berada di dalam map itu.

Dengan tergesa-gesa Ahra membuka amplop itu dan membacanya dengan seksama, lalu ia membaca beberapa surat penting lain di dalam map itu.

Semua kertas dan dokumen yang sebelumnya masih dipeluk Ahra langsung berjatuhan ke lantai setelah Ahra membaca isi map itu.

“Onnie?”Seohyun terbangun karena suara berisik yang ditimbulkan oleh suara kertas-kertas dan dokumen-dokumen yang jatuh ke lantai itu. Ia menguap pelan dan merenggangkan tubuhnya yang pegal.

Ahra memandang Seohyun nanar.

“Onnie kenapa?”tanya Seohyun bingung melihat ekspresi Ahra yang aneh.

“Apa ini?”tanya Ahra dengan nada cukup tinggi. Ia mengacungkan surat-surat yang ditemukannya tadi di map dari tas Seohyun. Seohyun terbelalak melihat Ahra mengacungkan surat perceraiannya dengan Kyuhyun.

“Kau ingin bercerai dengan Kyuhyun? Kau ingin bercerai dengan ayah dari anakmu?”tanya Ahra tajam.

Seohyun menghela napas sedih. “Ne, onnie. Lebih baik seperti itu.”ucapnya pelan.

“Apanya yang lebih baik?!”bentak Ahra. “Kau tahu Kyu sangat menyayangi ayahnya!”

“Tapi ia mencintai wanita lain!”balas Seohyun marah. Airmatanya mulai mengalir membasahi pipinya. “Apa onnie tahu bagaimana sakitnya hatiku saat melihatnya bermesraan dengan wanita lain?”

Ahra tertegun mendengar ucapan Seohyun. “Wanita… lain?” Tidak. Tidak mungkin Kyuhyun berhubungan dengan yeoja manapun di saat seperti ini. Setahu Ahra Kyuhyun tidak pernah punya hubungan spesial dengan yeoja manapun. “Itu tidak mungkin, Seohyun-ah…”

“Onnie tidak tahu apa-apa!”bentak Seohyun dengan airmata lebih deras.

Kemudian wajah Victoria muncul di benak Ahra. Dengan segera Ahra memegang kedua lengan Seohyun. “Katakan padaku siapa wanita itu?!”

Seohyun tidak menjawab. Ia menundukkan wajah dan terus menangis sesengukan.

“Marhaebwa, Seohyun-ah!”ucap Ahra lebih keras. “Marhae…”

“Noona?”

Ahra terkejut mendengar suara itu. Begitu juga Seohyun yang membuat tangisnya berhenti. Mereka berdua menoleh ke asal suara dan mendapati Kyuhyun dan Jihyun memandang mereka berdua dengan lebih kaget.

“Ahra… noona? Kenapa bisa disini?”tanya Kyuhyun bingung.

“Noo… Noona?”ucap Jihyun bingung.

Jihyun memandang Kyuhyun dan Ahra bergantian dengan bingung. Darimana mereka saling kenal?

Kemudian sebuah kesimpulan menghampiri pikiran Jihyun saat mengingat jika marga kedua orang itu sama. Baru saja ia akan menanyakan kebenaran yang dipikirkannya saat Ahra tiba-tiba maju dan menampar wajah Kyuhyun.

 

PLAAKK.

 

“Onnie!”jerit Seohyun.

“Kau… benar-benar membuatku kecewa, Cho Kyuhyun.”ucap Ahra dingin.

~TBC~

 

Huwaaaaa~ akhirnya part 6 beres juga! Eotte? Makin kayak sinetron ya? Ya kalo mirip sinetron maklum aja deh ya. emang begitu ide yang keluar dari otakku yang kreatif abis ini. *narsis abis* 😛

Jeongmal mianhe buat readers yang nunggu lama. Abisnya kan aku harus selang-seling updatenya sama FF seriesku yang lain. Trus juga laptop bermasalah, sibuk kuliah, ngurusin proposal penelitian, organisasi, ‘n nyari duit buat nonton SS4INA, biar bisa ketemu suamiku tercinta, Yeye oppa. Kekeke~

Tadinya Ahra mau dibikin peran pentingnya di part sebelumnya, tapi baru bisa kesampaian pas di part ini. Itu juga cuma sedikit. Trus gimana cara Kyu tahu Kyuhyun itu ayahnya, baru aku ungkap di part 7. O ya, ada yang bisa nebak siapa namja yang cinta sama Vic? Yang pasti bukan Nichkhun ya. hihi~

Seperti biasa, RCL (read, comment, like) but NO BASHING!

Satu lagi: jangan nanya langsung part 7 nya kapan dipublish. Belum kutulis sama sekali! So, sabar yaaa~ 😉

Always Keep The Faith!

 

 

 

169 pemikiran pada “Forever or Never 6th (sekuel Seoul)

  1. Yaaaa eonnie yaaaaaaaaaaaa lanjutannyaa makin seruuu abiiissbiissbisss!!!. Kekekeke meskipun lama ngepublishnya tapi masih tetep penasaran sm kelanjutan ceritanya wkwkwkwkw.
    Eooonnnnnnnn kakaknya kyu si ahra marah besar kali yak garagara kyu mencintai wanita lain -,- kyu nya juga dodol orng udh rada inget aturan percaya kek gituh kalo seohyun emng wanita yg paling dia cinta kekeke *plak.
    Oke eon segitu ajaaa komentarku.
    Minggu depan publish lagi yak eon lanjutun lg partnya dan radaa banyaaaakkk kekekek *plakplak-,-. Fighting eonnie^^

  2. Wooooowwww bener2 terpukau Sama nie ff….bener2 nguras emosi banget…

    Yesung bijaksana sekali,,siwon bener2 mirip angel ngorbanin hati demi seohyun bahagia,,donghae kamu Ganteng banget (nie apa juga ga nyambung) Kyuhyun males ahhhh sebel berat…biarin sie kyu sengsara aq ga peduli…(tapi chingu akhirnya seo harus jadian Sama kyu yah) maunya apa sie kyu tuh,,dah nyakitin seo trus sie victoria ehhh trus malah ngasih harapan lagi ke sie vic…beneran nie sie kyu minta dibuang ke sungai han…Kyu ga usah balik Sama vic,,biar vic dapet cowo yg laen,,,apa mungkin changmin yah???

    Semoga aja kelanjutan’nya bisa cepet…Amien ^^

  3. Hiiihiiihiiiks, nangis bombai deh pas baca part akhir. Knp nasib seo sgitu mnderitanya, trus si kyu jg gk inget2 ma masa lalunya *sebeeel
    Nunggu lama tp puas saeng ehhhe jd tnbah smngat deh buat beri dkungan biar cpet dipublis lg 🙂
    Lngsung baca di blog pribadi saeng kan sama aj ya,biasa bc di obizienka,
    Ditunggu

  4. .eonniiiieee~~
    .tmbh rumit aja nih crita.,tp tmbh. DAEBAK. ,
    .aqw shock.,pas seohyun nrima pernyataan cintanya wonppa..,tmbh shock lg pas wonppa ngasih tahu k kyuppa mengenai hubungan.nya ma seohyun. . .:O:O:O
    .trus aqw masih penasaran ma namja yg meluk vic.,kira* siapa ea.?yg pasti bukan kyuppa atau wonppa.,apalagi yeppa.,beuh.,gc mungkin d boleh.in ma fina eonnie. . .
    .satu lagi yg masih tnda tanya.,yg d ucapin kyuppa pas vic mau nyium dy smpe nangis* itu apa ea.?trus kyu itu tau gra* d ksh tau ma ahra eonnie kah.?
    .kalau kyu udah tau kyuppa ayahnya.,gmn reaksi dy pas ngrti seo ma wonppa.?gmn jga reaksi.nya ahra eonnie pas tau semua kenyataan yg ada.?
    .yak, pemisa.!!mari qta lihat jawaban.nya d FON part selanjutnya. . .*gaya presenter silet*#fina eonnie : bukannya aqw yg harus bilang gtu ea.?==”

  5. kereeeennnnn…….menguras otak bgt ni ff.
    aku hampir aja ga mau baca lagi ni ff kalo kebanyakan part nya kyuthoria.
    hehehheheheheh…….jangan2 orang yang suka sama vic itu donghae atau sungmin.
    soalnya yesung bialng itu dongsaengnya.
    hah…..author bikin penasaran. ayo cept publish art 7 nya.
    jangann lama2

  6. aku sebenarnya udah niat bangt nanya kapan part 7 nya tapi gx jadi deh……

    pengen koment semua kata namun jaringan lola banget, mian ya…. secara keseluruhan seperti biasa SANGAT-SANGAT BAGUS. aku SUKA BAGET….

    ayo buaat perayaan ulang tahun Kyuhyun yang spesial…..

  7. Akhirnya ada juga!
    makin rumit bgt, siwon masuk dikehidupan seokyu-_-
    Oh si jihyun blm tau kalo ahra eonnienya kyu?
    Mdh2an lancar acara buat kyuhyun, ahjuma sama keponakannya lucu 🙂
    Seokyu jgn cerai!
    Yg cwok dipeluk vict, changmin kah?
    Lanjut yah eonnie~ jgn lama2

    1. ckckckckckckc…
      eon.. kenapa gak jadi penulis skenario ajjah?? kamu daebak loh eon..
      otakmu itu ckckckck jenius! palurnya rapi, gak perlu pake bahasa yang keleat sastra, kata-kata simple yang eon pilih udah sukses membawa readers ikut masuk dalam baju ehh maksudnya masuk ke dalam alurnya. #yadong

      satu kata (?) COMPLICATEDDDDDDD!!! BUANGETTTT
      suka suka suka suka
      yang complicated tu seruu..
      panjang kayak sinetron? gak masalah asal up datenya gak lama2.
      klo updatenya lama berarti harus 2x lebih panjang dari part sebelumnya.
      kekekekekek~~ #plakk dicekek jung eon.

      jadi gak ketebak alurnya…
      meski aku yakin Seo bakalan tetp bersatu ma si evil yang disini bikin aku pengen cekek, bakar, gulai, goreng, rendang, tumis, sup, kolak, (apalagi yak?? #mikir bareng seomma) yah gitulahh… #dibunuh kyu/ sapa suruh nyebelin!. tapii, ngeliat seomma nerima wonppa blum lagi perasaannya yang berdebar-debar dan salting kalau bareng won oppa.

      btw, eon aku ngakak pas bagian
      ‘Seohyun tahu jika sejak lama Kyuhyun mempunyai semacam magnet yang dapat menarik siapapun untuk memperhatikan dirinya. ””Bukan ketampanan, karena semua orang juga bisa melihat jika Siwon memang lebih tampan dari Kyuhyun””. Tapi Kyuhyun memiliki sesuatu yang berbeda.’

      jiakakakakakakakaka…
      habis di puji abis tuh dilempar ke tembok
      wkwkwkwkwkw..
      tapi fakta sih!!
      #dasar sparkyu yang tidak loyal
      #digergaji sparkyu dan wires

      yasudah…
      sekian dulu komen singkat(?) saya yang gaje gak ketulungan.
      atas perhatiannya saya ucapakan…
      CEPAT UP DATE
      wassalammm #plakkkk XDD

      1. gyahahahahaha~
        aku aja bru nyadar klo udh melempar bias sendiri ke tembok pas baca komen kamu! XD
        temen sekamar kosanku aja ngakak baca komen kamu, aku dibilang tega sm bias! kekeke~

      2. Jiakakakaka…
        aku mah juga baru keder kalau komen aku bikin ngakak..
        orag aku juga lagi ngakak baca komn aku
        jiakakakakakak…

        #???

  8. aku agak kurang nangkep sama kalimat awal di part ini,, aku kira itu Kyu, ga tau nya ada cast lain neh^o^
    feel aku antara Changmin atau Sungmin,.hehee coz tadi Sungmin ga muncul2 tuh,..
    yah, aku geregetan sama Kyu, udah tau dy inget lagi sama Seo terus udah yakin ga mau pisah, eh nyalinya ciut lagi waktu Seo sama Siwon bilang udah jadian,.kalo emang udah yakin, kenapa harus nyerah lagi & malah dateng lagi nemuin Vic,.#pengen nendang kaleng ke kepala Kyu*dikejar Kyu^o^
    tapi aku seneng, akhirnya Kyu ngerasain cemburu juga, pengen tau ekspresi aslinya waktu di backstage tadi,.Kyu ga konsen main game karena liat Siwon gandeng tangan Seo,..rasanya seneng aja karena kan selama ini Seo mulu yang cemburu, sekali2 mau liat Kyu cemburu…hehehe

    Toss chingu, aku juga lagi ngumpulin uang buat nonton abang2 Superman, hayoo.. kita ramaikan teriakan ELF INA di konser mereka nanti,.hwaiting… tapi yang pasti, aku nunggu lanjutan ff mu ini, konfliknya makin berat,.berharap SeoKyu balik tanpa menyakiti hati Siwon, abangku itu kasian tar,.. kalo mba Vic, sama namja yang meluk tadi aja,.hehe,. mianhae yah lagi2 koment kepanjangan karena aku udah sekian lama menunggu ff ini ga nongol2 tapi untuk lanjutannya aku ga nanya kapan, yang penting ASAP yah,..okeh chingu,.^o^

    1. daebak! changmin byk bgt yg voting! #gubraak
      ntar liat aja di next part siapa tuh namja. kekeke~

      aku hrus nonton SS4! aku hrus liat SUAMIKU! YESUNGIEEE~
      eh chingoo mw nonton SS4 juga? ntar ketemuan yuuukkkk~ XD

  9. Akhrnya dipublish jga..
    Kekeke~
    mkin rumit aje nich masalahnya..
    Kyu poen tega amad bwt seo gituu??
    Seo kok nerima wonnie sich,kn ribet jdinya..

    Daebakk..
    Dtggu lnjtannyaa..
    Jgn lma ya eonn..

  10. kyaaaaaa…
    ketinggalan atu lagi! #digerebek jung eon

    yang meluk vic changmin kan??
    ka kyuppa dah melengos saat itu!
    pasti changminnie. ya kan? ya kan? ya kan??

    #toel-toel jung eon

      1. gak maooooo….
        harus changminnieeee!!!!!!! #mewek bareng kyu kecil
        vicchang(?) udah ok..
        tapi klo anak suju gak masalah juga sih #plakkk plin-plann
        eon hebat deh.. bisa nyelipin hal2 kecil tapi berkesan gitu di FF.
        sekali-sekali selipin aku yang kecil ini juga donggg #ngarep
        kekkekekekeke~~

      2. wah ketauan nih readersnya byk yg gk teliti, abisnya pd nebak changmin sih. tp bisa jd itu changmin. kekeke~ *author gaje*
        minta diselipin? nyelipin anak suju yg segtu byknya aja susah. ampe bru sadar sungmin gk msuk dialog di part ini ==”

  11. skali2 komen d sniiii ahhhh bosen d twitter,,habis maraton baca nii ff dr part oneshot sampe part 6 ni romance bgt yak,,tapiiii bgs ceritanya ada unsur family.. soalnya aq suka sama family story…cm aq ga suka bnyk adegan nangis nya jd kesannya seohyun lemah bgt *wajar cwe siyy* mudah2an happy end soalnya aq g suka sad ending,,next chapt y finnn *ga sabar baca*

    1. waaaahhh~ finally! akhirnya onnie komen disini juga! seneng deh liat nama onn nampang di komen ffku! XD
      kekeke~ tdnya aku gk niat bikin yg sedih begini, tp brhubung wktu part awal2 lg galau bgt, jdnya ya kubikin kyk gni deh. trus krn awalnya udh sedih, susah ngerubah mood cerita, jdnya keterusan deh. hehe~
      mdh2an bisa kupublish ASAP onn.
      gomawo udh mampir ‘n komen! XD *bighug* *lempar joo won oppa ke onnie* 😀

      1. iya ntr gw komen trus deh d wp u,,hahahahahahahaha pahala kl buat org seneng ^^..
        kayak nya bkl sering mampir ke wp u,,soalnya psti update soal yeppa..
        btw mggu ni tgl 17 mar dtg ke acara festival korea d ui ga?? sapa tauu bs ktemu..
        bubye *tangkap&pelukjoowon*

  12. fiuuh, bikin tegang ni ff.
    Oenni hebat bikin ff.nya
    semoga masalahnya ga semakin rumit, bikin jantung lompat2 saking rumitnya masalah. .

  13. ffnya bnr2 complicated bgt! Apalagi pas part ini tambah2 rumit deh, siwon jdian sama seo. Ckck
    Penasaran siapa namja yg meluk vic di bgian awal cerita..
    Kyu ayo cepet inget lg sama seo!
    Ditunggu lanjutannya 🙂

  14. makin dramatis eonn….
    Seokyu harus bersatu tidak ada yg boleh memisahkan mereka….
    Dah lah siwon lepasin seo dan victoria lupain kyu….
    Geregetan ama eonni kenapa bikin ff yg bikin rumit bngt kyk gini….
    Hahahahha tpi aku suka kok….

  15. eonnie kenapa makn complicated sih
    namja yg suka vic siapa lagi? bagus ahranya dukung seo, hidup ahra eonnie ^^
    kyu kenapa kau ingat di saat yg ga tepat sih T.T? eon part ini makin seruuu~

  16. judulnya pass…lgsg bikin termehek”…..

    harusnya sih yg naksir vic itu changmin mngkn ya? ngarepppp….

    btw, agree sama author, yang ganteng itu YESUNGGGGGGG…

  17. oh my god oh my god oh my god akhirnya publish jugaaaaaaaaa ya tuhaaan
    baguss melodramatis tapi bagus, makin rumit. eh itu cowok yang meluk vic siapa? nickhun kah?*ngarep banget, nagapain juga nickhun di gedung SM-_-*

    kyaaa Seo umma langkah yang bagus, pilih siwon oppa bikin kyuppa cemburu dulu. aku yakin siwon oppa menawarkan sandiwara pura-pura jadian, iya kan kak?

    aduuuh makin gag sabar nunggu part selanjutnya. bikin sesi romantis Seowon dulu yah kak, bikin kyuppa cemburu berat deh, biar tau rasa *reader sarap*

    Semoga nanti muncul khuntoria couple *imposible wish banget deh* 😀

    postnya dicepetin lagi yah kak, biar gag penasaran hhehehe

    1. khuntoria? kan udh kubilang yg pasti bkn nichkhun ==”
      postnya trgntg aku selesai nulis kapan, dan nulisnya trgntg kpn aku senggang. hehe~
      sabar yaaa~ aku mw update FF yg lain dulu 🙂

      1. gag liat kak, maklum saking histerisnya abis baca langsung komen wkwkkwkw
        kira-kira itu siap ayang peluk-peluk vic? aaaaaaaaaa penasaran, jangan-jangan yeye-oppa *Plaaak gag mungkin banget-_-* *minta ditendang kak fina*

        aku bakalan sabar kok kak, asalkaaaaan… FF yang lain juga cepetan di update 😀 hehehe

  18. wahhh,,,daebakk thorr,,annyeong thoorr,, mungkin nama qw dsini termsuk asing ,,,karna qw hanya ngoment ff seokyu,,hehe 🙂

    wahh,,skian lama qw menunggu akhirnya ff nie publish jga,,, 🙂
    thor yg meluk vic tuh changmin kan??kan??#maksa,, 😛

    kyuuuu,,knapa sh dikau lama bgt ngigat nya,,kesian bgt seonni kerja nya nangis,,teruss,, belum lgi aq nya gx tahan liat kyutoria mesra-mesra ghitu,,,

    hemmm,,ahra eonnie daebakk,,main plakkkk,,wehehehe…
    🙂
    lanjut thor,,, 🙂 qw kan slalu menunggu,, 🙂

  19. hufft…akhirnya setelah ngebut baca dari part awal…
    semoga kyuhyun mendapat hidayah setelah ditabok eonninya…#komen gaje
    btw aku suka tulisan author…jalan ceritanya ngalir…konfliknya juga seru…
    o ya..chingu author THSP ya?
    aku nungguin next chapnya ampe lumutan…haha#lebay..

  20. Ah eonnie,, tbc nya lho kq gag pas waktunya.. Huft
    Complicated nya ngena bgt dc eon,, bkin aq sedih + marah pas bacanya.. *nangiz dpjokan ama yeppa..
    Tpi kalo menurut qu,, msh lbih galau + sedih d part 5 kmren eon..
    (author : hah?! Msh kurang sedih?!
    me : iya,, soalnya pas bc part 6 cuman hbiz 1 tissu doank thor,, yg kmren ampeg 3) hahaha
    Umin oppa kq gag nongol sma skali eon,, jhat sekali ma umin oppa.. *hiks,, sbar ya oppa
    Yg suka vic eonnie hae ppa bkan?! #author : mana aq tau..

    Ayo,, ayo dlanjut..
    THSP dkk aq menunggu kalian.. Haha
    FON partnya jgn byak” eon,, biar cpet ending.. Hahaha
    4 jempol dc bwt eonnie yg ud bkin ff keren”.. *pelukan ma yaeppa,, kyuppa,, wonppa breng”..

    1. aish! karina!
      jgn peluk2 suamiku! yeppa suamikuuuuu~ ambil aja tuh wonkyu! *ngambek*

      hmm… bagus deh klo gk ngabisin tisu kyk part5, kan jd gk boros. hehe~
      gomawo ya karin. ntar kuupdate ASAP deh 😀

      1. gag enak kalo cuman wonkyu oppa… Gak seru… #dilempar uang ma eon fina ^^

        hahaha,,, bener jg eonn,, jadi gag boros tissue… #2 jempol buat eonnie
        cheonma eonnie… Fighting !!!

  21. Perkenalkan chingu aku reader baru..
    Aku di rekomendasiin ama tmn ku suruh baca fanfic chingu…#haduh bingung mau manggil apa# katanya fanfic chingu bagus, berasa banget sedihnya.
    Tapi jujur disini aku masih agak bingung sama ceritanya..tapi tetep bagus kok.
    Mian ya chingu baru coment and baru baca fanfic chingu..#bow#
    Mulai part selanjutnya aku janji bakal coment.
    Gomawo.

      1. Mian chingu aku belum baca dari part 1 #tabok#
        Kayaknya ini aku bakal lembur buat baca fanfic chingu…
        Mungkin di part 1-5 aku gak komen. Tp mulai dr part 6 sampe seterusnya aku bakal komen..mian lagi chingu.
        Gomawo.

  22. Wah~ mkin sru ini

    gk kpkran sma skli siapa cwo yg ska sma Vic T_T ,pnsaran dh

    aku tnggu part slnjtnya yaaa 🙂

  23. waaa.. pnjaangg bgt, puas bacanya. hadooh, masalahnya tmbh rumit. seo nrima siwon lagi. aish… chingu.. update yg cpet ya. keren ceritanya. penasarn bgt kelanjtnya.

  24. akhirnya keluar juga ni ff,,,udah tak tunggu loh *gag ada yang nanya deh
    SeoEonnie sabar yah dalam menghadapi kyuppa..:D
    Daebakkkkkkkkkkkkkkkk Eonnie ff nya,,,,,
    next part secepetnya ya Eonnie…HWAITING ^_^

  25. Ha’ sungguh melelahkan setelah baca ne ff blom lg nunggunya kelamaan..
    Aq mw ucapin astarfirullahal’azim dulu…baca ne ff bikin saya tambah gk suka yah sama si it tuh…#tunjuk2 hidungnya#
    ampun ne ff emank dh kayak sinetron thor, sbnrnya kecewaaaa sangat liat moment kyu*** it.
    Ikut ngerasain ap yg dirasakn seo#efek seomates kumat#
    yuuri boleh jujur saya blom puas liat kyu cemburu, pengen yg lebih lebih lg dr ap dia buat sama si it tuh#malas nyebut namanya# so part 7nya bikin kyu lg donk yg cemburu jgn kyu trz donk menang.
    Yupz km suka yesung yah silahkan yuri…hehe…klo saya bias saya disuju it gk ad bingung mw suka ma spa kn dh banyak yg suka jd saya netral aj trhdp suju#alias suka semua#
    lanjutt yuri klo boleh jujur neh jgn terlalu lama updatenya ntar pada kabur tuh redersnya…^^

    1. klo penasaran pst gk pd kabur readersnya. hehe~
      gomawo ya chingoo. kuusahain update ASAP deh. tp kan itu trgantung kesibukanku sm ide ‘n mood bwd nulisnya, sabar yaa 😀

  26. Yuuriiii ya,,, ky nya makin complicated niih critanya. Q ga stuju siwon pacaran sm seohyun, coz malah bikin banyak hati yg tersakiti *apa deh.. Trus yg suka sm victoria itu member suju jg kah??

  27. akhirnya bisa comment ekeke
    emg vic dipeluk siapa ?
    seo kasian bgt. aku adem panas baca kyutor moment.
    itu kyu nya cemburu nya dibikin yg ‘lebih’ ya di part selanjutnya .
    next part ditunggu 🙂

  28. sebenernya aq udah baca di blog satunya chingu n’ komen disana , tp pengen komen lagi disini gx papa ya????
    soalnya liat pasangan seokyu di part ini makin gregetan jd terbawa emosi chingu!!!
    masih penasaran kok kyu tau kyuhyun appanya,, kan perasaan kyuhyun cuma ngomong sama anaknya suruh manggil appa n’ blum ngasih tau klo dia appanya yg sebenernya!!!
    trus kyu kok jd balik lg ke vic,,,,,,smoga aja gx jd pacaran lg, cuma sbatas sahabatan

  29. HWAAAAA…….!!!!! Seohyun kok malah jadian sama Siwon?? T___T
    Ahra unnie, selamatkan uri SeoKyu…

    Itu namja yang di awal cerita siapa ya?? Changmin kah??? Tapi kok Yesung bilangnya ‘dongsaengku yang lain’?? Hmmm, bikin penasaran deh…
    Udahlah, Qiannie sama namja yang di awal cerita aja…!!! 😦

    Aku suka part ini!!! Paling panjang dan konfliknya bagus…. ^_^
    HWAITING buat kakak author!!! 🙂

    1. hyaaaa~ kmu baca maraton dr part 1 y saeng? O_O
      hehe~ gomawoyo yaaa. seneng deh ada reader bru yg suka sm FF galau ini 😀
      akhirnya ada yg nyadar juga klo part ini panjang bgt, abisnya byk yg bilang klo ini tuh msh kurang panjang *menyiksa author nih* ==”

  30. Kenapa saya baru baca part ini? 😀 gak apa2, aku nikmatin kok ff ini. Kayak sinetron? Gak apa-apa lah yg penting readersnya seneng 😀

  31. huahh udh lama ga buka blog ini ternyata udh dipost xD
    gatau mau komen apa coz ff ini bagus banget , feel nya jga dpt ! Daebak 😀
    next jgn lama2 ya eon~

  32. setelah melewati berbagai ujian praktek, US, dan Try Out akhirnya kembali mencari hiburan ff hehehe
    eonnie… eonnie jahat! >..<
    complicated nya seru sekaliiiiii b^^d
    eonnie mau nonton SS4?! hwaaaaa aku gak diijinin T.T hiks hiks hiks

  33. eonnie… eonnie jahat! >..<
    complicated nya seru sekaliiiiii b^^d
    eonnie mau nonton SS4?! hwaaaaa aku gak diijinin T.T hiks hiks hiks

  34. komen part 1:

    melewati berbagai ujian praktek, US, dan Try Out akhirnya kembali mencari hiburan ff hehehe
    eonnie… eonnie jahat! >.< ga kasih tau aku ada part 6. hueee -.-" #plak!

    uyeeeeaahhh~ akhirnya dan akhirnya kyuhyun lebih memilih seohyun ohohohoho *evil smirk*
    ayoo semangat buat kyu kecil, satukan mereka berdua ahahahaha XD

  35. komen part2:
    kok aku mikirnya itu namja sungmin yaaa????
    cieee eonnie disebut2 sama yesung oppa di sini haha

    semakin cinta deh sama cerita FON ini.. mau dibilang apapun sama eonnie tetep suka sama ceritanyaaaaaa >.<
    complicated nya seru sekaliiiiii b^^d
    eonnie mau nonton SS4?! hwaaaaa aku gak diijinin T.T hiks hiks hiks
    kenapa komenku selalu terpotong? hiks

  36. miaaann baruu komen ><
    tapi bagus deh biar kyu nya cemburu xD
    itu yg di awal cerita yang meluk vic sapa tuh thor ? O.o
    ayoo ahra unnie~ buat kyu sadar n bersatu m seo n Kyu junior :DD
    next part ditunggu

  37. aigo, semakin pelik ini masalahnya dah..tp sungguh penasaran siapa yg suka sama victoria..
    bukan nichkhun trus dr ucapan yesung klo itu adalah dongsaengnya yg lain apa mungkin dr member suju juga?? oh oh oh, kenapa author suka sekali bikin orang penasaran?? kekeke 😀
    dtunggu next updatenya lagi..fighting!!!

  38. Ya Tuhan, makin binggung sama jln pikiran kyu -.-
    ayo cho ahra! Belain seo ^.^9
    jgn2 shim chang oppa yg suka sama vic eonni -.-

  39. halooo q readr bru dsni…..maaf bru komen
    wah mkin sru aj nih critana….
    aduh knapa seo jdian ma siwonpa sih….!?!?!?!
    knapa jga kyu msh ktmpt vic eonni……
    pnasraaaaaaaan dtnggu klnjtannya

  40. ceritanya makin Ryeowook.. eh,, makin runyam.. –”
    nyahaha~ ada yg narsis tuh..
    Yuuri? syp Yuuri?? kkk~ ^^v peace eonni..

    klo bkn Changmin,, trus syp??
    jangan2 namja itu Wookie….
    aigo eonni,, namja yg meluk Vic itu syp?

    next part blm di ketik sma sx??
    wahhh.. bisa2 nunggu lamamamama bgt nih..
    nunggu FON part 6 aja udh smp lumutan.. —
    tpi eonni, i’ll be waiting for SEOKYU~
    katanya bakal ad SeoKyu moment..
    cpt dilanjutin yaa eonni..
    phaithing! 😀

      1. chihuiii asyiiikk~
        5page aja udh buat aku sng eonni..
        yg giat ya nulis ff-nyaa….
        hehehee~
        akan ku bantu dlm do’a.. ^^

        oya eonni,, saran biar + galau,, dgrin lagu yg prnah dinyanyiin Kyuhyun aja eonni.. IF IT WAS ME….
        *johaa~ XD :’)

  41. waaaa …
    ceritanya bagusss sekali.. chingu tau gak aku bacanya 1 hari penuh …
    dari jam 1 malm – jam 6 pagi,, aku tak mau melewatkannya biar sedikit pun …
    baru pertama aku baca ff keren kaya gini …
    aku tunggu lanjutannya …
    hehehe… figthing …

  42. eonni..aq baru sdar udd ada yg part 6..hahaha parah..-_____-”
    eonni,lagi2 bkin aq speechless….haaaahh binguuung…ngrti koq alur critany..tapi complicated bgt…!!jdi mkin g kbyang crita slanjutnya bkal kyk gmn,apa lgi endingny,huwaaaa bkin pnasaran abis deh..!!kereeenn…ayo eonni,lanjutanny dtunggu..jgn lma2 yah T^T

  43. Waaaaa parah nih seohyun, datang ke mubank diajak siwon tapi nnton kyu khekhekhe ~

    Next part ak tnggu unni 😀

  44. gpp dh biar ky sinetron jg,,aq ttep suka chingu
    msih bingung dh..sbnernya prsaan kyu k’seo gmn sih??
    itu yg mluk vic siapa..complicated bgd…
    lnjut chingu

  45. Kyuhyun di sini labil yah, gak konsisten sama keputusannya sendiri…
    Aku setuju sama Ahra eonnie….
    Aku juga kecewa sama Kyuhyun.. -___-

    Gak sabar nunggu part 7…
    😀

  46. bingung mo komen apa Onn …
    dari komen2 diatas aku bisa nyimpulin ,, dah banyak banget yang bilang bagus ,, bingung ,, penasaran ,, rumit ,, complicated …
    banyak juga yang bilang ASAP part 7 nya …
    itu dah mewakili apa yg mau ku komen … hehee

    jiwa Sherlock-nya Onnie emang terbukti disini ,, penuh teka-teki …
    satu hal yang pasti Onn ,, jangan kelamaan publish ya next part-nya 🙂

  47. Omegot, keren banget ceritanya chingu. Hiks, ane jadi sedih bias ane seohyun disakitin begitu. Lanjutkan. 😀

  48. suka bagian pas ahra nampar kyu ..
    jahat (?) mungkin …
    tapi aku rasa , semua kesalahpahaman brawal dari keegoisan kyu ..
    egois sih ngejudge dia gtuu ..
    tpi itu pndanganku ..

    aku pengen egois skarang ..
    siwon sndiri blang kalo dia siap buat sakit asal seo bahagia …
    kalo kyu uda mutusin vico trus balik ke seo n seo mau .
    brarti gpp mutusin siwon kn ?

    omooo !
    pnasaran sma yg meluk vico ..
    anggota suju ?
    siapa dong ?
    gamungkin sungmin kn ?
    unyuk ? hae ? wookie ? shindong ?
    ato changmin , kaya comment sbelum ini ?

    aish , molla ..
    ditunggu klanjutannya …
    wew , baca 5 part dalam 1 malem benerbener bikin pnasaran gmn klanjutannya …. 🙂

  49. omonaaaa aq makin GEMESSS ama FF ini,,,,
    wow ahra eoni daebakk *PLAkk #ditabokkyu
    eh eh author juga maunonton SS4 ya? day berapa?aq day 3,,Ketemuan yukkkk.,hehehe

    aq nebak tu cwo yg meluk si vic mr,sangtae a.k.a si maniak ayam a.k.a onew oppaa,,haha bener ga thor?hehe
    next part y aq tungguin Bngaet tor >.<

  50. ahhhhhh…..
    ini kenapa bisa tambah rumit?
    trus kok bisa si kyu kecil bilang “Tapi kapan ya Appa bisa ingat sama Eomma?” kpan kyu kecil tau kalo kyu appanya? trus pas vic nangis siapa yg meluk vic? ming oppa atau wookie oppa? haah ini benar2 rumit dan yesung oppa disini memang si invisible leader.
    *lanjut authorr, cptn publish ya part selanjutnya, ditunggu looh…

    1. eonni ga papa kan kalo aku panggil author dg sbtn eonni? coz g enak bgt mngl2 author gitu. gpp kan eon?
      ok, kalo boleh aku nebak nih ya, yang meluk vic itu si uming oppa a.k.a sweet pumpkin a.k.a lee sungmin *ngomong ala minho*. karna dia pernah bilang ama kyu kalo dia g stju kyu ama vic, trus yeye oppa bilang yg meluk vic itu dongsaengnya *dan yg meluk aku itu taeminie ^0^, hahaha-gaje-*, nah!!! uming oppa kan termasuk dongsaengnya yeye oppa juga kan? *y y y, yeye oppa udah tua sih, hahaha* tpi, yg bikin anehnya eon bilang kalo eon g teliti ampe lupa uming oppa ga ada d part ini, apakah ini hanya alibi eon aja??????? *dilemparin duit n taeminie ama eon*
      #nge-sherlock bgt y aku? hahaha, mklum, aku lagi kena virus sherlocknya shinee ini eon *curcol* hahaahahahaha. next chapt d tunggu ya eon. and aku sadar ternyata koment aku panjang ya eon, miannn eon.

      1. boleehhhh~ boleh bgt manggil aku onnie. biar qt akrab gtu! *sksd :3 *
        jd kmu mikir aku ngasih alibi y klo umin gk aku msukin ke dialog suju oppa-deul? hmm~ bener gk yaaa? kekeke~ liat ntar part 7 deh.
        emg sih ahjusshi trcintaku itu udh tua, mknya udh pst selain teukchul, suju oppa-deul yg lain itu dongsaengnya yeye. jadi silakan ditebak yaaa :3
        part 7 lg on writing nih, bru sktr 5 hlmn dr target 25 hlmn ==”

  51. ONNIE… wawawawaw….
    kerend… tambah rumidt… dan aku sangat sangat suka… ayyoo… lanjut nya onnie.. semangat yya onnie

  52. wah maaf ya cingu baru komen di part ini,,FF nya bagussss bget gak sabar nunggu kelanjutannya…ayo dunk cingu di publish ge,,hahaha klu bisa bisa banyakin moment seokyu nya ya…hehehe

  53. Huwaaa…. Aku nangis baca ff ini 😥
    semoga dengan gamparan*eh ahra eonnie, kyu sadar!
    Cepetan eonnie post ffnya.. Engga sabar aku bacanya 😀

  54. Onnie part ini sampe aku baca berulang-ulang loh,abisnya next partnya lama sekali onnie (˘̩̩̩.˘̩ƪ)
    Padahal aku udah penasaran banget onnie, semoga part 7nya bisa lebih panjang ya,
    Ayo dong onnie publish part 7nya ~(˘▽˘~)(~˘▽˘)~

  55. oppa…. aku panas dingin baca part ini. itu yang meluk vic umma changppa bukan? kuharap changppa aja deh… biar kyuppa bisa bersatu lagi dengan Seokyu…. eon… jangan lama-lama updatenya!!!jjang!

  56. waaaahhhh, aku reader baru nih. ffnya bagusssssss bgt eon. sampe nangis aku bacanyaaa. fighting ya eon buat lanjutannya

  57. Aigo..
    Tambah rumit aja, kenapa gak saling jujur aja si satu sama lain ?? Drpd bhong trus bgtu khan bikin masalah’a tambah rumit…
    Bikin gregetan..
    Makin seruu… Next part’a ASAP yaa… 😀

  58. Makin kesini makin rumit msalahnya tpi sukses nguras emosi eon~ >,<
    Kyuhyun plin plan ehh, galau sma perasaannya sendiri. Tpi aku suka bca FF ataupun nnton drama wktu si namja nysel udh nyuekin si yeojanya dan cemburu wktu yeoja itu sma namja lain #author : ga nanya !
    jdi pkoknya si Kyu appa di bikin senyesek"nya ya eon?!
    Jeballl !!~ pngen bnget liat Kyuhyun galau gara" cemburu sma Siwon yg makin dket sma Seo !!

  59. eoniiii part 7nya kok lama beneneeeer yaaaaa……

    udah gak sabaar pengen tau lanjutannya……

  60. kyu kecil ud tau ya kalo kyuhyun th appanya ?
    kykny kyu ud ingt ma seohyun d… wlaupun dkit…kkkk~
    smoga kyuhyun cpt ingt dh…
    penasaran ama lanjutannya…. 😀
    d tunggu eon part 7 nya,,, hwaiting !

  61. yaampun ff ini .. *speechless*

    Aku cuma bisa mendoakan kebahagiaan deh buat semua cast di ff ini
    Pokonya harus happy ending ya ya yaaa!

  62. Author..kok belum lanjutannya ??? Huhuhuhu… makin galau aja nih aku.. 😦
    Di tunggu nih kelanjuttannya, Fighting !! #lehh gak nyambung 😛

      1. Bagus deh chingu..kebetulan ini lagi stress mikirin ujian yang susahnya gak ketulungan hehehe… 😀 bulan depan udah free,jadi lebih puas mbacanya….beneran loh BULAN DEPAN !!! #maksa =,= 😀

  63. maaf baru koment, salam kenal ya Fina.. aku suka baca FF kmu, ceritanya gak ribet, tapi sukses bikin galau, q tunggu update cerita selanjutnya ya..
    makasih…..

  64. Seo pacaran sm siwon? Ige myoyaaaa?!! Eonni, plis part 7 dipost secepatnya *maksa* aku bisa mati penasaran kalo gini ceritanya /lebay lu/

    Woaaahh ah ra eonni kewwreeennn bisa nampar kyuhyun oppa, pengen jg dong eonni HAHAHA /evil laugh/
    Semakin kesini jumlah cast makin banyak, ceritanya makin rumit, dan aku makin gak berani nebak alurnya *emng siapa yg nyuruh lo nebak* *nah*
    Ayodooonggg fina eonni*sksd*, bikin seokyu bahagia dikiiittt aja, kesian mereka sedih mulu T^T
    Semoga eonni punya waktu buat nis dan mem-publish part7. Amin. *doa bersama* /plak

      1. Yaaah berarti sebulan itu eonni gabisa bikin ff dong?:(
        huhu sediihh #apasih
        Beneran dipost bulan ini kan eon? Sipdeh ditunggu yaaa:D
        Trs kalo SungRi couple kpn eon? Aku jg suka ff eonni yg itu soalnya hehe *reader bnyk maunya*

  65. dr part 2 mpe part 5 mw ninggalin komen susah y..
    gangguan koneksi mungkin..semoga

    cowok yg suka sm victoria sp y? penasaran..

  66. ya ampun suami aku di tampar noona nya >.<
    sini kyu biar aku usapin pipi nya hahaha..

    Siapa author yg jth cinta sama vic? Knpa gk nickhun aja ih kn biar serasi :p
    kebayang nyesek nya seohyun,
    itu kyu nya plinplan gtu lg. Nyakitin 2 yeoja gtu, tegaaa -.-
    tp tetep cinta ko sama kyu 😀
    semangat author!

  67. Omo~ Seo ama Siwon akhirnya jadian juga… Kekekeke sukurin lo Kyu! Cemburu itu nggak enak kan? Hahahaha *ketawa setan* #plakkk
    Makin ruwet aja ini masalahnya, tapi ceritanya tambah seruuu!
    Lanjut dulu ya thor~

  68. Baca ini bener2 bikin aku gregetan kyupa knp sih ga bisa tegas ma perasaannya sendiri.seoma sbr yah klw nanti kyupa sadar pasti dy nyesel udh nyakitin seoma dan lbh milih victoria

  69. Baca ini bener2 bikin aku gregetan kyupa knp sih ga bisa tegas ma perasaannya sendiri.seoma sbr yah klw nanti kyupa sadar pasti dy nyesel udh nyakitin seoma krn lbh milih victoria.ditunggu lanjutanny yah

  70. Baca ini bener2 bikin aku gregetan kyupa knp sih ga bisa tegas ma perasaannya sendiri.seoma sbr yah klw nanti kyupa sadar pasti dy nyesel udh nyakitin seoma krn lbh milih victoria.ditunggu lanjutanny yah…nasib wonoppa gimana yah klw nantinya seomma ga bisa lupain kyupa?kasian wonoppa

  71. waa ksian kyuppa dtmpar sama ahra eonni, yg sbr ya ._.
    itu sbnerny rncna wonnie oppa apa si njadiin seomma yeojachingunya? ._.
    itu kyu dksih tau sama ahra eonni ya prihal kyuppa itu appanya kyu? 😀
    next part psti knfliknya tmbh pnas nih hehe

  72. Siwon oppa!!!
    pasti pny rencana yg baek buat SeoKyu deh!
    *sotoy*
    akhir’a yg bisa melampiaskan kegregetan pr reader ke Kyuhyun oppa dgn menampar’a adalah Ahra oenie!!
    *prok…prok…*
    kshn Kyuhyun oppa!!hehe

  73. aish… masalahnya makin rumit aja.. knp seomma mw nerima siwon oppa?? hahaha yesung oppa jd pusing ndiri.. mikirin dongsaengnya

  74. nah ini part terakhir yg aku baca, trus gak nemu2 lg dah klanjutannya, ngapa gak dari kmaren2 nanya ma mbah google yak…

  75. gak tau kenapa kalo ada cast ahra eonni pasti ada adegan entah mukul, ngegeplak dan yang ini nampar kyuppa, kesian -_- tapi bagus eonni, kyuppa emang harus disadarin! *mendengus evil* hahaha

  76. Anyong, eonni, ceritanya bagus, aku suka banget, Űϑåђ mulai complicated nih konfliknya, aku setia menunggu kelanjutannya eonni,
    SEMANGAT!!!!

  77. wah
    DAEBAKK
    makin seruuuuuuuuuuu

    ntah knpa aku pngen seo ama siwon aja .. tapi aku jga gak pngen seo pisah sama Kyuhyun
    aihhh -___________-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s