[Resensi Novel] Runaway Ran

IMG_9884

Hellooooo~ I-dears

Biasanya kan aku nulis fanfic doang nih disini. Kali ini berdasarkan ide seorang temen, aku mutusin mau ngisi wp ini dengan resensi novel-novel koleksiku. Abis lebaran kemaren aku beli beberapa novel baru. Salah satunya novel Metropop Runaway Ran karya Mia Arsjad.

Novel ini bercerita tentang Katrina, atau Katrin, mahasiswi S2 yang hidupnya masih ditanggung orangtua dan hobi online shopping baju-baju ‘n fashion bermerk. Katrin ini gila-gilaan belanja tiap bulan. Tapi, mendadak dia harus nahan-nahan selera belanjanya yang gila gara-gara ayahnya terpaksa harus pensiun dini. Sebagai anak yang pengertian, menurut Katrin, ia berusaha gak ngehambur-hamburin duit bulanan dari ayahnya buat online shopping lagi. Tapi jiwa shoppernya itu gak mungkin dong bisa dihilangin gitu aja. Jadi Katrin memutuskan buat nyari kerja demi bisa tetep belanja.

Katrin pun dapat pekerjaan yang gajinya cocok dan kerjanya, menurut Katrin, gampang.  J.F Ran, komikus terkenal pengarang 4 Hero No Zero, memperkerjakan Katrin sebagai asistennya. Seharusnya  sih dari komiknya yang nyeleneh dan kocak itu, komikusnya pasti orangnya lucu banget ya. Aku juga mikir begitu lho. Makanya si Katrin kaget banget waktu ketemu Ran yang ternyata beda dari bayangannya. Ran ganteng sih. Ya iyalah, tokoh utama cowok tuh harus ganteng. Tapi yang beda tuh sifatnya yang gak sesuai bayangan aku ataupun tokoh utama cewek di novel ini, Katrin. Ran itu dingin, galak, dan berkali-kali bikin Katrin ngelongo berusaha bersabar-sabar diri ngadepin sifatnya yang nyebelin banget. Trus dia kolot. Ngelarang cewek masuk kamarnya trus cemilannya kerupuk pake kecap.  (=_=)” Tapi ternyata Ran itu punya sifat yang baik dan perhatian sama teman. Terbukti waktu Alya, sahabat Katrin, ada masalah sama cowoknya yang ternyata udah punya istri, Ran bersedia nolongin.

Aku suka sama salah satu kalimat Ran waktu dia berusaha menghibur Alya yang nyesel banget udah mau ketipu sama cowoknya dan mau aja diajak nge-seks. Ran ngomong gini: “Kamu harus bangga, Al. Bangga karena kamu istimewa. Terbukti dengan cobaan Tuhan seberat ini, jidat kamu itu cuma luka karena kepleset dan kejedot ujung keran. Bukan luka sayatan karena lo mencoba bunuh diri atau… atau sampai harus diantar ke rumah sakit jiwa karena mendadak gila. Nggak semua orang bisa ngelewatin peristiwa sebesar ini. Percaya sama gue.”

Kalimat itu yang bikin Katrin bertanya-tanya, seperti apa kepribadian Ran yang sebenarnya? Dia punya banyak kebaikan tapi selalu terlihat galak.

Kalo love story gak ada orang ketiganya mungkin kurang seru kali ya. Nah makanya disini juga ada tokoh orang ketiganya, namanya Viana. Pacar Ran yang amit-amit banget deh buat Katrin. Fashionnya ancur, make-upnya tebel, judes, trus cemburuan banget. Pokoknya tipe-tipe cewek yang menurut Katrin bukan tipe Ran banget deh! Si Viana ini bikin Katrin nggak tahan kerja sama Ran. Tapi tentu aja karena tergiur gaji gede, Katrin berusaha betah-betahin diri. Trus pertanyaan intinya nih: kapan Katrin suka sama Ran? Katrin suka sama Ran waktu Ran nolongin Katrin yang nyari duit dengan kerja sambilan di Club yang ternyata pelayannya itu juga bisa di ‘booking’. Waktu itu Katrin pikir ‘He’s really a good man’. Dan abis itu baru Katrin sadar, ia bukan hanya suka sama Ran, tapi jatuh cinta sama bosnya itu.

Ran sendiri udah suka sama Katrin, tapi terhalang sama Viana. Jadi sebenarnya Ran pacaran sama cewek yang nggak banget kayak Viana tuh karena pengen balas dendam. Balas dendam tentang masalah yang bikin kepribadian Ran jadi rada-rada aneh. Balas dendamnya apa? Mending kalian baca sendiri ya.^^

Seperti buku-buku Mia Arsjad yang sebelumnya pernah kubaca kayak Satria November, Lululergic, Miss Cupid, dll, novel ini pun lucunya kebangetan! Dari awal novel sampe akhir novel selalu ada kalimat yang bikin ketawa. Aku patut ngacungin banyak jempol buat selera humornya Mia Arsjad. Jadi walaupun bukunya cukup tebel, 360an halaman, novel ini bisa bikin readers gak berhenti mau baca sampe abis.

Kalo disimpulin sih, novel ini dapat peringkat 5 bintang dari 5 bintang. Abisnya seru banget sih! Pokoknya recommended buat readers yang suka baca novel Metropop.^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s